Batam, News, Kepri

Setetes Darah Sangat Berarti, FGBMFI Regional West II Gelar Donor Darah

Egi | Minggu 16 Aug 2020 13:54 WIB | 1601

PMI


Direktur Sosial FGBMFI Regional West II, Haran Pasaribu di PMI Cabang Batam (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Full Gospel Business Men's Fellowship International ( FGBMFI) Regional West II bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Batam untuk menggelar kegiatan donor darah.


Direktur Sosial FGBMFI Regional West II, Haran Pasaribu mengatakan, aksi donor darah ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia karena diselaraskan dengan perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 tahun 2020.


"Aksi donor darah ini rutin kami lakukan setiap tiga bulan sekali. Aksi kali ini begitu sangat spesial, dikarenakan bertepatan dengan HUT RI ke-75," ujar Haran pada Sabtu (15/8/2020) di Kantor PMI Batam.


Dikatakannya, meskipun saat ini kita berada dalam tatanan kehidupan baru (New Normal) akibat adanya pandemi Covid-19, tidak serta merta pihaknya melupakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.


Lanjutnya, sebelum peserta melakukan donor, terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh melalui alat Thermo Gun. Peserta yang akan masuk ke ruangan dibatasi. Harus mencuci tangan terlebih dahulu dan disemprot dengan hand sanitizer.


"Walaupun keadaan kita sekarang ini sudah New Normal, protokol kesehatan Covid-19, tetap wajib kita patuhi sesuai dengan anjuran Pemerintah," ungkap Haran.


Haran juga mengatakan, menurut data dari PMI Batam, kebutuhan darah yang dibutuhkan perbulannya sebanyak 2.700 kantong darah untuk memenuhi stok darah di semua Rumah Sakit yang ada di Kota Batam.


“Oleh karena itu dengan aksi donor yang kita lakukan ini bisa sedikit membantu ketersediaan darah untuk masyarakat Batam. Karena, setetes darah yang kita berikan sangat berarti bagi orang lain yang membutuhkan,”tutupnya (egi)




Share on Social Media