Batam, News, Politik

DPD PSI Batam Bantah Tidak Adanya Perhatian Terhadap Para Kader Saat Pemilu

Egi | Senin 15 Apr 2024 11:57 WIB | 606

Pemilu


Ketua DPD Partai PSI Kota Batam, Susanto (ist)


Matakepri.com Batam – Usai beritanya mencuat di beberapa media lokal yang ada di Kota Batam terkait adanya sejumlah Kader PSI yang mendesak Pimpinan Pusat Partai PSI untuk mencopot Ketua DPD dan Ketua DPW dari Jabatan yang diemban saat ini, mendapat respon dari Pengurus DPD Partai PSI Kota Batam.


Melalui Ketua DPD Partai PSI Kota Batam, Susanto mengatakan, apa yang disampaikan oleh oknum yang mengaku sebagai kader DPC PSI Kota Batam di beberapa media lokal di kota Batam adalah merupakan pernyataan yang keliru.


Dia mengatakan, secara kepengurusan partai, pihaknya di DPD telah bekerja keras mengadakan kiat-kiat bagaimana caranya untuk membesarkan nama partai di kota Batam supaya bisa memenangkan Pemilu 2024 yang lalu.


"Saya cukup bingung juga ya dengan adanya laporan seperti ini. Saya merasa sudah maksimal turun kelapangan. Bahkan, saya menanggalkan misi pencalegan saya demi ngurusin tiap dapil agar bisa maksimal dalam Pemilu 2024 yang lalu," ungkap Susanto.


Kemudian, sebagai ketua partai sudah menjadi kewajibannya untuk membesarkan partai. Hal tersebut dapat dibuktikan di Kesbangpol Kota Batam, sebagaimana laporan pertanggungjawaban penggunaann dana bantuan politik dari Pemerintah Kota Batam.


Hal tersebut dapat dibuktikan dengan telah dilaksanakannya berbagai kegiatan-kegiatan dan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dari seluruh kader PSI se Kota Batam.


"Ini nanti bisa kita buka di laporan Kesbangpol yang telah kami buat, yakni laporan dana partai yang kami pakai. Disana sangat jelas dan terang benderang penggunaan dananya, yang hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja saya menjabat sebagi Ketua DPD," sebutnya.


Selanjutnya, dia juga menanggapi terkait target dari pengurus DPD PSI Kota Batam sebelumnya yang dipimpin oleh Ketua Sony Christanto, saat itu para pengurus menargetkan dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif Partai PSI akan mendapatkan 1 Fraksi di DPRD Kota Batam.


Menurutnya, gagalnya DPD Partai PSI Batam meraih hasil 1 Fraksi di DPRD kota Batam, terbentur dengan komposisi caleg yang sudah terbentuk sebelumnya. Dimana, seleksi dan penentuan caleg dilakukan oleh pengurus DPD sebelumnya.


"Kami pengurus DPD yang sekarang tersandera dengan kurangnya kontribusi dari caleg-caleg yang ditetapkan oleh kepengurusan sebelumnya. Dan, posisi saya saat itu hanya sebagai Wakil Ketua DPD dan tidak diikutsertakan dalam penentuan dan penetapan caleg tersebut. Jadi yang dapat saya lakukan pada saat itu adalah memaksimalkan potensi dari komposisi caleg yang ada," sebutnya.


Masih menurut Susanto atau yang akrab dipanggil Apank ini menjelaskan, diawal kepemimpinannya sebagai Ketua DPD sebelum dia mengetahui kapasitas dari para caleg, dia berharap satu dapil bisa meraih satu kursi.


Seiring berjalannya waktu, setelah dia mempelajari karakter dan kemampuan dari para calegnya, dia baru mengetahui kontribusi dari para calegnya jauh dari apa yang dia bayangkan.


"Saya pada saat penetapan para caleg oleh KPU memang tidak berdaya, karena saya hanya meneruskan dari apa yang telah dibuat oleh pengurus sebelumnya. Meski begitu, saya tetap berupaya sekuat tenaga untuk memaksimalkan potensi-potensi dari caleg yang ada walaupun hasil yang didapat tidak sesuai dari target," imbuhnya.


Masih menurut Susanto, melihat hasil yang berhasil diraih oleh para calegnya, ada beberapa dapil yang berpeluang bisa meraih satu kursi. Dan, hal itu akan menjadi prioritas dia kedepannya dalam memperebutkan kursi di DPRD Kota Batam.


"Itu mungkin bisa menjadi PR saya kedepannya jika masih mendapat mandat sebagai Ketua DPD PSI Batam. Satu fraksi di DPRD Batam akan bisa tercapai dan itu bukan hanya sekedar angan-angan. Saya yakin pasti bisa," ucapnya dengan penuh optimisme.


Selanjutnya, selaku Ketua DPD PSI Kota Batam, Susanto juga meminta kader yang membuat laporan seharusnya memohon audiensi terlebih dahulu, dan secara jiwa ksatria mencantumkan nama dan prestasi yang sudah dilakukan untuk PSI Kota Batam.


"Jangan lempar batu sembunyi tangan untuk mendiskreditkan kepengurusan DPD PSI Kota Batam," tuturnya. 


Senada, Ketua DPW Partai PSI Provinsi Kepri, Anto Duha juga mengatakan hal yang serupa. Menurutnya, pengurus DPD PSI Batam yang ada saat ini sudah maksimal bekerja dalam membesarkan partai PSI di kota Batam.


Terkait adanya pemberitaan di beberapa media online yang nenyebutkan pengurus Partai PSI baik di DPD maupun di DPW yang kurang maksimal, Anto Duha menganggap kritikan itu hal yang biasa dalam berpartai.


"Saya positiv thingking aja menanggapinya. Itu hal yang biasa dalam dinamika berpolitik," ungkapnya.


Namun, ada hal penting yang harus diperhatikan oleh seluruh kader Partai PSI, jika kader partai ada yang ingin disampaikan keberatannya, dapat melalui mekanisme yang sudah diatur oleh partai.


"Ada mekanismenya yang sudah diatur partai dalam menyampaikan keberatannya. Jangan dikit-dikit mengadu kesana-kesini apalagi kepada media," ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Anto Duha mengajak seluruh kader partai PSI diseluruh Kepri agar bersatu kembali dan merapatkan barisan demi kejayaan Partai PSI dimasa yang akan datang.(***)


Redaktur: ZB



Share on Social Media