Batam, Hukum & Kriminal

Respons Cepat Kasus Kekerasan Seksual Anak, Polsek Bengkong Dapat Apresiasi dari Kemensos RI

Juliadi | Sabtu 27 Apr 2024 17:35 WIB | 229

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri



Matakepri.com, Batam -- Kepala Polsek Bengkong, Iptu Doddy Basyir melalui Kepala Unit (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim), Iptu Marihot Pakpahan menerima kunjungan dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos-RI) di ruang kerjanya di lantai 2, gedung Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Bengkong, Sabtu (27/4/2024).


Kedatangan para rombongan Tim Direktorat Anak dari Kemensos-RI yang diketuai Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, dr. Nova tersebut dalam rangka memberikan atensi khusus dengan berkordinasi bersama pihak Kepolisian dan Kejaksaan terkait adanya kasus viral soal kekerasan seksual yang menimpa salah seorang anak bawah umur di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) yang diungkap jajaran Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Bengkong baru-baru ini.


“Kami turun kesini (di Polsek Bengkong, red) untuk memberikan atensi dan terlebih lagi bantuan ke anak korban yang mendapatkan perlakuan kekerasan seksual dari ayah kandungnya dan teman dekatnya (pacarnya, red). Arahan dari ibu Menteri Sosial, Tri Rismaharini adalah untuk diberikan pelayanan di sentra milik Kementerian Sosial dan edukasi, seperti itu,” ujar dr. Nova.


Ia menyampaikan keprihatinannya atas kasus pelecehan seksual terhadap seorang anak di Kecamatan Bengkong tersebut.


Ia pun mengapresiasi respons cepat penanganan kasus kekerasan seksual anak kepada jajaran Polsek Bengkong, dan berharap kasus kekerasan seksual pada anak bawah umur secara umum ataupun khusus dapat menurun. Bahkan, kata dia, hal tersebut tidak terulang kembali dan menimpa anak-anak di bawah umur lainnya.


“Kami berharap kasus dan perilaku-perilaku yang mengandung kekerasan pada anak seperti ini bisa berhenti,” sebutnya.


Sementara itu, di kesempatan yang sama, Kanit Reskrim, Iptu Marihot Pakpahan menyambut hangat kunjungan dan silaturahmi dari Kemensos-RI.


Marihot juga berharap kerja sama yang baik antara instansi pemerintahan di daerah, dapat terus ditingkatkan untuk kepentingan bersama.


“Iya sangat senang, lebih 2 jam kita ngobrol ya. Kami mengapresasi bisa dikunjungi pihak Kemensos RI dan berkenalan dengan tim terkait di Menteri Sosial. Kita berharap silaturahmi ini bisa terjalin erat,” kata dia.


Setelah pertemuan dilangsungkan, rombongan berkesempatan melihat langsung para tersangka dan diakhiri dengan berkunjung ke kediaman rumah korban.


Hadir langsung pada kegiatan ini, Tim Direktorat Anak Kemensos, Tim Sentra Terpadu Pangudi Luhur, Pendamping Rehabilitasi Sosial (Rehsos) dari Kemensos RI dan Pediatri Sosial (Pedsos) Anak Kota Batam.


Turut mendampingi menerima kunjungan, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Jhon Friel LH. Simatupang dan Brigadir Vernandes Handhika, anggota Penyidik Unit Reskrim Polsek Bengkong.


Redaktur : ZB



Share on Social Media