Natuna

Danlantamal IV Hadiri Penutupan Latgabma Asex 01-Natuna

Juliadi | Minggu 24 Sep 2023 14:38 WIB | 2430

AD/AL/AU
TNI/Polri
Lantamal IV


Panglima TNI Yudo Margono S.E., M.M, Sabtu (23/9/2023)


MATAKEPRI.COM, NATUNA -- Komandan Lantamal (Danlantamal) IV Batam Laksamana Pertama (Laksma) TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla menghadiri penutupan secara resmi Latihan Gabungan Bersama Asean Solidarity Exercise 01-Natuna (Latgabma Asex 01-N) 2023 oleh Panglima TNI Yudo Margono S.E., M.M., bertempat di Pos Angkatan Laut (Posal) Sabang Mawang, Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Sabtu, (23/9/2023).


Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M.,  dalam amanatnya menyampaikan "Melalui latihan gabungan bersama  Asean Solidarity Exercise (Asex) 01-Natuna, masing-masing negara telah belajar satu sama lain, memahami budaya dan tradisi militer masing-masing, dan yang lebih penting lagi, telah dapat membangun kepercayaan, solidaritas dan kebersamaan yang merupakan kunci keberhasilan dalam menjaga perdamaian, stabilitas, dan keamanan di kawasan ASEAN. 


Lebih lanjut disampaikan Panglima TNI bahwa Asex 01-Natuna merupakan simbol solidaritas, kerjasama, dan persahabatan yang erat di antar negara Asean dan  dilaksanakan sesuai dengan keinginan politik pemimpin  dan pandangan Asean tentang Indo-pasifik. Latihan bersama ini difokuskan pada materi non tempur seperti keamanan maritim, tanggap bencana, dan operasi penyelamatan. 


“Mari terus bekerja sama dan berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asean.  Melalui latihan ini  telah memberikan peluang untuk mengasah kemampuan,  menguji kekuatan, dan mengidentifikasi kelemahan masing-masing militer negara sahabat. Kita dapat bersama-sama bekerja untuk memperbaiki dan memperkuatnya kembali,  serta meningkatkan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi tantangan-tantangan yang mungkin muncul di masa depan,” tambah Laksamana TNI Yudo. 


Sembari menutup Asex 01-N secara resmi, Danlantamal IV Batam juga ikut serta bersama Panglima TNI Yudo Margono meresmikan Rumah Layak Huni (RLH) secara simbolis serta menyerahkan bahan Sembako dan kursi roda kepada masyarakat Desa Sabang Mawang, yang mana Desa Sabang Mawang Natuna juga merupakan bagian wilayah kerja Lantamal IV dibawah jajaran Lanal Ranai.


Ditempat yang sama Danlantamal IV menyampaikan, ini sekaligus ajang perkenalan kepada masyarakat maupun anak-anak di Natuna karena bisa melihat secara langsung Alutsista TNI, sehingga harapannya terbentuk jiwa Nasionalis dan Patriotisme sejak dini. 


Danlantamal IV juga berharap agar prajuritnya yang berkesempatan mengikuti Latihan Gabungan Bersama ASEX 01-N dapat belajar satu sama lain dalam mengatasi setiap permasalahan serta menjadikan ajang latihan ini sebagai upgrade diri guna kemajuan setiap individu, maupun satuan. (Ril) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media