Batam, News, Kepri

Antisipasi Kekurangan Stok Saat Lebaran Idul Fitri, Marga Tan Gelar Donor Darah

Egi | Senin 10 Apr 2023 09:55 WIB | 690

Ormas/LSM/Paguyuban/Komunitas
DPRD
PMI


Para pendonor darah yang ikut serta di kegiatan Marga Tan, Minggu (9/4/2023) foto; egi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Perkumpulan Marga Tan Kota Batam melaksanakan kegiatan donor darah pada Minggu (9/4/2023) pagi di One Batam Mall, Batam Center, Kota Batam. 


Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Batam. 


Wakil Ketua Marga Tan, Acun Tan mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh perhimpunan Marga Tan per 3 bulannya. 


"Pada tahun ini, yang bertepatan dibulan Ramadhan, Marga Tan melaksanakan donor darah untuk melengkapi kekurangan stok darah di PMI Batam," kata Acun Tan. 




Lanjutnya, kegiatan donor darah ini ditargetkan bisa mencapai 300 kantong darah. "Baru dibuka 1 jam, yang menyumbangkan darahnya sudah ada sebanyak 50 kantong darah," bebernya. 


Ketua PDDI Batam Saufa J. Tan mengatakan, kegiatan donor darah yang dimotori oleh Marga Tan ini merupakan kegiatan rutin PDDI per 3 bulan. 


"PDDI Kota Batam selalu support setiap kegiatan donor darah yang dilaksanakan dan kali ini perkumpulan Marga Tan yang melaksanakannya," kata Saufa. 


Lanjutnya, kegiatan ini juga untuk mengantisipasi, jika terjadinya kekurangan stok darah di PMI Batam disaat lebaran Idul Fitri. 


"Kita mengantisipasi kekurangan stok darah di lebaran idul fitri, karena dari tahun sebelumnya stok darah sering kekurangan saat lebaran, karena banyaknya pendonor yang pulang mudik," bebernya.

 



Kepala UDD PMI Batam, dr Novi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan Marga Tan ini untuk melengkapi stok darah yang kurang disaat lebaran nanti. 


"Hampir setiap tahunnya, stok darah saat lebaran menipis bahkan tidak ada. Jadi selama bulan puasa kita menggandeng perhimpunan di Batam untuk melaksanakan donor darah," kata Novi. 


Lanjutnya, donor darah yang dilaksanakan di bulan ramadhan ini, yang untuk umat muslim yang lagi berpuasa juga boleh mendonorkan darahnya. 


"Sebelum melaksanakan kegiatan ini, kita juga berbincang dengan ustad di Batam, bahwa pendonor umat muslim yang lagi menjalankan ibadah puasa boleh mendonorkan darahnya, dan itu tidak membatalkan puasa," ungkapnya. 


Dalam pelaksanaan donor darah tampan hadir juga Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam Tan A Tie yang berharap warga Kota Batam selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa agar bisa menjalani aktivitas seperti biasanya. 




"Kita melihat, begitu antusiasnya masyarakat mengikuti kegiatan donor darah ini. Baru berjalan satu jam, sudah banyak peserta yang mendonorkan darahnya," kata Tan A Tie. 


Lanjutnya, saya juga sangat bangga atas seluruh Marga Tan yang telah melaksanakan kegiatan mulia ini dalam membantu sesama manusia. 


"Saya bangga dengan aktifnya pemuda-pemudi Marga Tan, karena sudah persiapkan kegiatan ini sehingga hasilnya banyak yang hadir dalam mensukseskan kegiatan mendonorkan darah ini," ungkapnya. 


Semoga di kegiatan sosial berikutnya Marga Tan selalu kompak dan bekerjasama dalam mensukseskan disetiap kegiatan. (Egi) 


Redaktur: ZB




Share on Social Media