MA Lakukan Pemilihan Ketua

| Selasa 14 Feb 2017 10:40 WIB | 2156




MATAKEPRI.COM, Jakarta-Mahkamah Agung (MA) menggelar pemilihan ketua, pagi ini. Sebab, masa jabatan Ketua MA Hatta Ali berakhir Februari ini.

Beradasarkan rilis yang diterima wartawan, Selasa 14 Februari, melalui surat keputusan MA Nomor 12/KMA/SK/I/2017 tentang Tata Tertib Pemilihan Ketua MA, pemilihan Ketua MA oleh hakim agung. Pemilihan dinyatakan sah apabila dihadiri paling sedikit 2/3 dari 47 hakim agung.

Setiap hakim agung dapat memilih dan dipilih menjadi calon ketua. Masing-masing hakim agung hanya dapat memilih satu nama yang diusulkan menjadi calon. Nantinya akan dilihat dua nama terbanyak yang akan maju ke babak selanjutnya.

Jika dalam penentuan calon nanti terdapat satu nama yang meraih 50 persen plus satu, langsung ditetapkan sebagai ketua MA. Jika calon yang memperoleh dukungan 50 plus satu tidak bersedia, calon yang memperoleh suara kedua dan ketiga terbanyak diminta kesediaanya untuk dicalonkan sebagai ketua MA.

Apabila pemilihan putaran pertama tidak memenuhi perolehan suara 50 persen plus satu, pemilihan akan dilanjutkan ke putaran kedua dan seterusnya. Jika putaran ketiga masih belum memenuhi syarat perolehan suara, maka pemilihan ketua MA putaran keempat akan dilaksanakan dalam waktu 1 x 24 jam.


Share on Social Media