Batam, Nasional , News, Pendidikan

Pererat Kerukunan Umat Beragama, Kemenag Semarak kan HAB Dengan Perlombaan

Agung | Kamis 14 Nov 2019 14:20 WIB | 383

Bakti Sosial
Pemko Batam
inspirasi
Pendidikan
Lingkungan Hidup


Kepala Kemenag Kota Batam, Zulkarnain Umar yang memberikan sambutan dalam pembukaan PORHAB di Kemenag Kota Batam.


MATAKEPRI.COM, Batam - Menyambut Hari Amal Bhakti (HAB) kementrian Agama (Kamenag) ke 74, Kemenag Kota Batam lakukan pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni Hari Amal Bakti (Porhab) pada Rabu (13/11) yang berlokasi di kantor kemenag Kota Batam.

Seperti yang di sampaikan oleh kepala kemenag Kota Batam, Zulkarnain Umar bahwa kegiatan ini sejatinya bertujuan untuk mempersatukan dan mempererat kerukunan umat beragama.

"Apapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, pasti melibatkan seluruh agama yang ada di Batam, kegiatan tersebut seperti pemuda lintas agama, jalan santai kerukunan dan kebangsaan atau nusantara," Ucap Zulkarnain, dalam sambutannya pada Rabu (14/11).

Perlombaan tersebut juga telah dimulai sejak Rabu (13/11) pagi dan akan berlangsung hingga 12 Januari 2020 mendatang.

"Rangkaian kegiatan HAB ini dimulai dari hari ini (red) hingga 12 januari 2020 mendatang," kata Zulkarnain pada Rabu (13/11)

Zulkarnain pun berharap, semoga kedepannya tidak ada lagi diskriminasi terhadap adanya layanan agama di Batam, karena sifatnya Kemenag itu adalah mengayomi seluruh agama yang ada di Indonesia.

"Kita berharap kepada seluruh masyarakat Batam agar bersama-sama untuk membangun persatuan dan kesatuan melaui Kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan," harap Zulkarnain.

Beberapa perlombaan yang di gelar untuk menyemarakan HAB adalah lomba karya tulis ilmiah, lomba catur,  penanaman pohon (Ro’an), lomba volly ball, lomba masakan bergizi, perkemahan pelajar antara umat beragama.

Ada juga lomba badminton, lomba tenis meja putri, lomba tenis meja puta, bhakti sosial atau anjang sana, jalan santai kerukunan, dzikir akbar, upacara bendera HAB dan pada malam puncak akan ada malam syukuran dan malam kerukunan.

Zulkarnain juga menyampaikan bahwa pada Sabtu (16/11) mendatang akan melaksanakan Room atau gotong royong membersihkan pondok pesantren Ulul Ilmi Cendekia (UIC), dan melakukan penanaman pohon yang bertema 'Jaga Hati, Jaga Bumi'

"Kita berharap dengan kegiatan penanaman pohon seperti ini para santri di pondok pesantren tersebut tidak hanya menjaga diri namun juga menjaga bumi dengan melakukan penghijauan serta pembersihan alam," pungkasnya. (AM)