Batam

Rudi dan Marlin Lepas Keberangkatan CJH

Juliadi | Selasa 07 May 2024 14:23 WIB | 195

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah



Matakepri.com, Batam -- Walikota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, H. Muhammad Rudi didampingi Ketua TP PKK Kota Batam sekaligus Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Hj. Marlin Agustina, melepas keberangkatan Calon  Jemaah Haji (CJH) se-Kota Batam di Hotel Planet Holiday, Selasa (7/5/2024). 


Sebelum diberangkatkan, Rudi bersama Marlin memimpin tradisi tepuk tepung tawar dan menyerahkan uang sangu bagi rombongan haji asal Batam sebesar Rp1 juta dan bekal sambal kacang ikan bilis.


Di kesempatan itu, Rudi berpesan kepada panitia penyelenggara ibadah haji untuk mengurus dengan baik jemaah asal Batam. Ia juga berpesan agar jemaah senantiasa menyimpan nomor telepon panitia agar jika terdapat masalah bisa menghubungi langsung.


"Simpan di tas yang dibawa kemana-mana nomor telpon saya dan panitia, kalau ada masalah langsung hubungi," pesan Rudi.


"Jangan risau, fokus ibadah, kalau ada masalah keluarganya di Batam, langsung hubungi kami dan kami yang akan menangani," tegas Wali Kota.


Ia juga berpesan bagi calon jemaah haji yang muda untuk memperhatikan jemaah lain yang sudah tua. Ia ingin, jemaah asal Batam bisa kompak dan saling membantu.


"Jaga kekompakan, jaga kebersamaan, di sana harus bersatu, tujuan kita ke sana adalah ibadah. Kami mendoakan seluruh jemaah selamat berangkat, ibadah sempurna, dan selamat kembali ke Batam," ucap Rudi.


Rudi juga meminta jemaah untuk mendoakan kemajuan Kota Batam. Ia memaparkan sejumlah pembangunan mulai dari bandara, pelabuhan, hingga pembangunan fasilitas ibadah di Batam. 


"Doakan kemajuan Kota Batam, doakan kami sehat selalu dalam membangun Batam dan Kepri," ujarnya.


Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina mengucapkan selamat atas keberangkatan jemaah untuk menjalankan ibadah haji. Ia mendoakan agar ke.aah diberi kesehatan, kekuatan, kesabaran sehingga bisa menjalankan ibadah haji dengan aman dan selamat.


"Selamat berangkat, semoga menjadi haji mabrur," ucap Marlin.


Marlin melanjutkan, ibadah haji tidaklah mudah. Menurut dia, jemaah harus benar-benar siap, fisik kuat, dan sebagainya.


"Ibadah haji tidak mudah, sehingga butuh kekuatan dan kesabaran di segala sisi. Perhatikan juga cuaca, harus tahu medan cuaca saya sarankan siapkan mental harus banyak minum air, laksanakan ibadah sesuai aturan," pesan Marlin.


Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar, melaporkan bahwa total jemaah yang tercatat berangkat haji pada tahun ini sebanyak 734 jemaah. Namun, terdapat 3 jemaah berhalangan sehingga yang dipastikan berangkat haji sebanyak 731 jemaah.


"Ada tiga orang yang mengundurkan diri karena suami tidak masuk kuota, kemudian anaknya tidak masuk kuota, dan ada yang sakit. Sehingga, total yang berangkat sebanyak 731 orang," ujar Zulkarnain.


Ia melanjutkan, calon jemaah haji ini terbagi dalam 3 kelompok terbang (kloter). Kloter 1 sebanyak 93 jemaah yang tergabung dengan jemaah dari Tanjungpinang, Natuna, Bintan yang akan berangkat pada 12 Mei 2024.


Kemudian, kloter 2 sebanyak 225 jemaah yang tergabung dengan jemaah Karimun dan Anambas yang berangkat pada 13 Mei 2024. Terkahir, kloter 15 sebanyak 413 jemaah yang semua merupakan jemaah asal Kota Batam.


"Untuk jemaah tertua yakni Mutsiri yang berumur 93 tahun, dan yang termuda Meikia Az-Zahra 18 tahun. Rata-rata jemaah asal Batam berusia 45-55 tahun sebanyak 65 persen dari total jemaah asal Batam," tutupnya. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media