Batam, Ekonomi, Kepri

IBA Akan Gelar Expo Besar Besaran Di Batam

Egi | Rabu 27 Nov 2019 11:15 WIB | 241

Seremonial
Pembangunan


Foto bersama Kadisbudpar Kota Batam dengan ketua IBA dan pengurus IBA (Foto:Egi)


MATAKEPRI.COM,BATAM-International Business Association (IBA) akan menggelar IBA Food Chain dan Trade Expo 2019 di Kota Batam. Kegiatan ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan, Rabu (27/11)


Kegiatan ini merupakan bazar makanan dan expo terbesar dari sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang rencananya akan diadakan di 33 kota besar di Indonesia. Untuk di Kota Batam nantinya akan diikuti oleh insvestor dari 8 negara.


Diantaranya Indonesia, Singapore, Norwegia, Tailand, Jepang, Taiwan, China dan Malaysia. Acaranya akan berlangsung selama 3 hari yaitu dari tanggal 29 November hingga 1 Desember 2019 di exibition Hall Mall Botania 2 Batam Center.


Ketua International Business Association (IBA), Shan Shan mengatakan, selain UMKM dari Indonesia terdapat 4 group exhibitor besar dari Taiwan yang ikut mengisi stand, ke empat Group tersebut adalah Group Changhua, Group Zhong, Group Yan dan Group Justin. 


"Kegiatan ini selain mempertemukan UMKM, Industri Waralaba, Investor dan Stakeholder juga akan menghadirkan puluhan multi produk dari 8 negara,"ucap Shan Shan. 


Diharapkan melalui kegiatan itu nantinya dapat memberikan kesempatan bagi Investor untuk mencari peluang usaha baru, begitu juga sebaliknya, Exhibitor dapat mencari investor sekaligus mengembangkan usahanya.


Selain bazaar dan expo, Food Chain dan Trade Expo juga diisi dengan berbagai perlombaan. Salah satunya adalah Entrepreneur Contest.


Panitia akan menyediakan sebuah tempat atau Business Lounge, untuk mereka yang ingin melakukan dealing atau hanya sekedar ingin mengenal lebih jauh tentang produk sebelum melakukan transaksi. 


"Selain itu kami juga menyediakan translator untuk setiap stand luar negeri, total ada 45 translator, Jadi tidak usah mengkhawatirkan masalah komunikasi,"ungkapnya.


Sementara itu, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi kegiatan tersebut, karena itu bakal bisa mendatangkan wisatawan  mancanegara yang banyak ke Batam.


Dimana target dari panitia akan mendatangkan ribuan wisatawan. Adapun konsentrasinya dalam kegiatan itu adalah tentang kuliner, hal itu sangat sejalan dengan tujuan kunjungan wisatawan ke Batam.


"Dalam acara expo itu nantinya kita juga akan mengundang dari Kementerian Parawisata RI, karena acaranya sangat besar. Ini kita harapkan dilaksanakan setiap tahunnya, karena akan berdampak bagi parawisata," harapnya,(EAG)