Batam, News

Pengurus IKTK Batam Resmi Dilantik Periode 2019-2022

Egi | Minggu 23 Feb 2020 12:55 WIB | 2731



Foto bersama Ikatan Keluarga Tujuah Koto (IKTK VII) Kota Batam (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Candra Volta resmi dilantik sebagai Ketua Ikatan Keluarga Tujuah Koto (IKTK VII) Kota Batam periode 2019-2022 sekaligus peresmian Sekretariat VII Koto Tanjung Buntung, Batam, Minggu (23/02/2020).


H Sahrul sebagai Ketua DPD Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kota BatamĀ  mengatakan, IKTK VII Koto ini adalah organisasi yang dibawah naungan DPD PKDP Batam yang terdiri dari 17 IKA berada di setiap Kecamatan Kota Batam.


"Tujaun Koto ini berdiri pada tahun 1986. Ini merupakan organisasi sosial kemasyarakatan. Dalam hal ini mengutamakan ke silaturahmi dan kebersamaan dalam membangun rasa kekeluargaan bersama warga Batam, umumnya warga Batam yang berasal dari Pariaman," ucap Sahrul pada Sabtu (22/02/2020) sore setelah pelantikan IKTK Batam.


Sahrul juga memberi arahan kepada ketua yang baru untuk mempunyai Database sebagai pendataan warga Tujuah Koto, karena kekurangan selama ini adalah dalam pendataan warga Tujuah Koto.


"Kemaren ini memang pernah kita data, hanya baru di Kecamatan Bengkong saja sekitar 760 Kartu Keluarga. Insyaallah setelah pelantikan ini akan melakukan pendataan kembali," ungkapnya.


IKTK ini juga selalu melaksanakan kegiatan sosial yang rutin setiap bulannya pada tanggal 20, kegiatannya itu melaksanakan wirid di Masjid Babussalam di Bengkong. Itu rutin dimulai dari tahun 1986.


"Kegiatan rutin dilakukan setiap hari besar keagamaan, juga melaksanakan sosial kemasyarakatannya, seperti ke pesta pernikahan, membesuk kalau ada yang sakit atau meninggal," tuturnya.


Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penggalangan dana. Dana yang terkumpul nanti akan digunakan untuk sebagai pengembangan Yayasan Tujuah Koto di jalan Kampung Amin Blok A No 95-97 Tanjung Buntung Batam.


"Informasi sementara dalam penggalangan dana tadi berhasil terkumpul sekitar Rp 64 juta, dan berkemungkinan besar dana tersebut akan dipergunakan untuk pengembangan Yayasan ini yang akan dikembangkan untuk keperluan masyarakat banyak," ungkap Sahrul yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Batam.


Sahrul juga hfberharap dengan pelantikan hari ini bisa memaksimalkan kegiatan-kegiatan, sehingga organisasi tersebut mempunyai rencana dan wacana yang tertata.


"Saya berharap IKTK Kota Batam ini dapat membangun dan memperdayakan kemasyarakat pertumbuhan ekonomi," harapnya.


Dalam kegiatan ini juga diisi dengan hiburan untuk masyarakat yaitu KIM yang dalam Bahasa Padangnya adalah Dendang Berhadiah, dan akan dinyanyikan dengan angka oleh artis Minang. Kegaiatan itu dilaksanakan sampai jam 24.00 WIB.


Peresmian sekretariat dan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Tujuah Koto (IKTK VII) Kota Batam ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Bupati Pariaman, Ketua dan Wakil DPRD Kota Pariaman, Ketua DPD PKDP Kepri, Kapolsek, dan Camat Bengkong.(egi)



Share on Social Media