Tanjungpinang, News, Pendidikan

Tes Psikologi Diikuti 97 Personel Calon Prajurit TNI AL

Juliadi | Jumat 16 Aug 2019 22:56 WIB | 4828




MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 97 calon prajurit TNI AL gelombang II Panda Tanjungpinang mengikuti tes psikologi bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Serasan Rumkital Dr.Midiyato Suratani Jl.Nala Kota Tanjungpinang, Jumat (16/8/2019).


Ke 97 peserta yang mengikuti tes psikologi terdiri dari calon bintara (Caba) pria 54 orang, caba perempuan 16 orang, dan calon tamtama 27 orang. Dimana sebelumnya mereka mengikuti tes kesegaran jasmani (Garjar) yang dinyatakan lulus sebanyak 97 orang dari 184 orang.


Pada pelaksanaan tes Psikologi para peserta harus melalui dua tahapan, yakni tes psikologi I dan tes psikologi II, yang dipandu langsung oleh tim penguji dari Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) diketuai Letkol Laut (KH) Drs. GM. Kussardoyo, S.Psi., yang sehari harinya menjabat sebgai Kasi Lapsimen Dispsial, dan dibantu oleh dua personel perwira Dispsial antara lain Mayor Laut (KH) Lutfi Suryo Waskito, S.Psi dan Letda Laut (KH/W) Dhanis Adi Margawani, S.H.


Sebelum tes psikologi, panitia melaksanakan pengecekan serta memberikan  arahan kepada peserta, sehingga dalam pelaksanaan tidak terjadi kesalahan dalam melaksanakan tes psikologi.


Mengutip pengarahan Asisten Peronil (Aspers) Danlantamal IV Kolonel Laut (K) Acep Maksum, S.E.,M.M., CHRMP., bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian seleksi yang dilakukan untuk menyaring dan menilai para calon bintara pria/perempuan serta tamtama TNI AL wilayah Provinsi Kepulauan Riau.


Baca juga :

Danlantamal IV Sambut Siswa Mengenal Nusantara

Wadanlantamal IV Pimpin Apel Pagi Di Mako Lantamal IV

Bersama Masyarakat, Lantamal IV Gelar Sholat Id Dan Penyembelihan 17 Hewan Kurban



"Proses rekrutmen prajurit ini dilakukan secara profesional, objektif, dan transparan dengan memegang teguh aturan seleksi yang ada guna mendapatkan calon prajurit TNI terbaik asal Provinsi Kepulauan Riau," tambahnya.


Nantinya setelah dinyatakan lulus tes psikologi, selanjutnya para peserta akan menjalani tes lanjutan antara lain tes mental ideology (MI), Kesehatan Tahap II hingga penentuan tahap akhir daerah (Panthukirda).


Terakhir jika dinyatakan Lulus panda, calon akan di kirim ke Panitia Pusat (Panpus) di Malang Jawa Timur. (Kadispen Lantamal IV) 



Share on Social Media