Tanjung Pinang, Kesehatan

dr. Nolita Berikan Penyuluhan Tentang Coronavirus dan Cara Cegahnya untuk Personel Korem

Juliadi | Rabu 12 Feb 2020 13:18 WIB | 158

Kesehatan
TNI
Angkatan Darat


Istimewah


MATAKEPRI.COM TANJUNGPINANG --Kepala Staf Komando Resor Militer (Kasrem) 033/Wira Pratama (WP) Kolonel Inf Jimmy Watuseke buka kegiatan penyuluhan bahaya virus corona bagi anggota makorem dan jajaran di GSG Makorem 033/WP di Jalan Sei Timun KM 14 Senggrang, Tanjungpinang, Rabu (12/2/2020). 


Kolonel Inf Jimmy Watuseke mengucapkan terima kasih kepada Tim Kesehatan Kota Tanjungpinang dapat hadir memberikan pencerahan mengenai apa itu infeksi virus corona serta menyampaikan kepada para peserta agar mengikuti kegiatan dengan baik mulai dari awal penyebaran, penyebab, cara penularan, hingga gejala-gejala klinis yang diderita apabila terjangkit infeksi virus corona.


dr. Nolita menjadi pembicara dalam penyuluhan menjelaskan virus corona adalah virus yang tergolong virus influenza dan saluran pernapasan yang memiliki gejala yang sama dengan gejala sakit flu. 


Menurutnya gejalanya sama dengan kalau sakit flu, ada batuk dan pilek dan yang membedakan dengan coronavirus adalah asalnya dari Wuhan dan menjadi berbahaya karena dapat menyebabkan peradangan pada paru atau pneumonia. 


dr. Nolita menjelaskan, Coronavirus tidak ditularkan melalui udara (airborne) seperti yang sempat dikhawatirkan masyarakat, namun penyakit ini dapat ditularkan melalui jarak dekat sekitar 1 meter dari percikan batuk atau droplet. 


"Oleh karenanya pemakaian masker yang benar sangat efektif untuk mencegah tertular virus ini, meski demikian penggunaannya harus tepat dan dilakukan dengan benar, "ungkapnya. (Ril)