News, Kesehatan

Mau Tidur Nyenyak di Malam Hari? Cobalah Mandi dengan Air Hangat

| Sabtu 11 Mar 2017 21:29 WIB | 1807



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM - Punya masalah sulit tidur nyenyak di malam hari? Mandilah air hangat, mungkin menjadi solusi yang bisa dicoba.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine, mandi air hangat sebelum tidur bisa membantu Anda lebih mudah tertidur.

Dijelaskan Dr. Dianna Augelli dari Center for Sleep Medicine, mandi sebelum tidur akan membuat suhu tubuh lebih rendah sehingga membuat relaks. 

Ketika tubuh merasa relaks, tidur pun jadi lebih mudah dan berkualitas.

Namun Dianna menyarankan agar tidak mandi air hangat sesaat sebelum Anda akan pergi tidur. Naiknya suhu tubuh justru akan membuat tidur lebih sulit. Baiknya, mandi air hangat dilakukan beberapa saat sebelum tidur.

"Anda jangan menghangatkan tubuh tepat sebelum tidur. Mendinginkan tubuh merupakan sinyal yang memberitahu bahwa kita seharusnya pergi tidur," jelas Dr. Dianna, seperti dikutip dari Women's Health.

Waktu yang optimal untuk mandi air hangat adalah 90 menit sebelum tidur. Dengan begitu tubuh akan memiliki cukup waktu untuk mendinginkan diri sendiri. 

Ketika suhu tubuh turun, maka secara otomatis tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak sudah saatnya tidur dan Anda jadi mengantuk.

Kenapa harus air hangat? Sesaat setelah mandi, suhu tubuh akan meningkat sehingga membuat Anda lebih terjaga dan aktif. Di sisi lain, air hangat juga berkhasiat membuat tubuh dan pikiran relaks. 

Seiring berjalannya waktu, tubuh akan melewati proses pendinginan. Sistem tubuh menjadi lebih siap untuk beristirahat ketimbang saat suhu Anda masih hangat. (*/dtk) 




Share on Social Media