Batam, News, Hukum & Kriminal

Berhasil Tangkap Buronan WN Jepang, Kapolresta Barelang Terima Penghargaan dari Kedutaan Besar

Egi | Kamis 14 Mar 2024 09:06 WIB | 316

Polres/Ta dan Polsek
Imigrasi


Kapolresta Barelang terima penghargaan dari Duta Besar Jepang (foto;ist)


Matakepri.com Batam - Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto menerima penghargaan dari Kedutaan Besar Jepang atas penangkapan Warga Negara Jepang bernama Yusuke Yamazaki di Kota Batam.


Selain Kapolresta Barelang, Kepala Kantor Imigrasi Batam Samuel Toba juga mendapatkan penghargaan dari Kedutaan Besar Jepang.


Penghargaan tersebut diberikan di Ruang Rapat Studio I Hotel Fairfield by Marriot Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada Selasa (12/3/2024) yang lalu.


Konsuler Jepang pada Konsulat Jenderal Jepang di Medan Mr. Kagami mengucapkan terimakasih dari Kedutaan Besar Jepang atas upaya penangkapan, pengamanan, koordinasi yang terjalin baik hingga deportasi ke negara asal Jepang.


Penghargaan ini diberikan kepada Instansi Polri yang di serahkan kepada Kapolresta Barelang, Kepala Satuan Kepolisian Perairan dan Udara Resor Kota Barelang, Kepala Unit Penegakan Hukum Polrairud Polresta Barelang. 


Kemudian di berikan juga kepada Instansi Kemenkumham yang di serahkan kepada Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam dan Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanim Batam. 


Dalam acara ini juga dilaksanakan penandatangan serah terima WN Jepang Yusuke Yamazaki beserta barang bukti dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam kepada Perwakilan National Police Agency Japan sehubungan yang bersangkutan akan dilakukan pengawalan oleh pihak Kepolisian Jepang hingga tiba di negara Jepang.


Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan dari Kedutaan Besar Jepang atas penangkapan WN Jepang terkait pengiriman PMI Ilegal ke Malaysia, yang mana penangkapan ini atas kerjasama dengan Imigrasi Batam. 

 

"Dukungan dan sinergitas tentunya sangat berarti bagi kami dalam rangka kelancaran tugas dan fungsi, cipta kondisi aman serta pelayanan kepada masyarakat," kata Nugroho.


Ini merupakan hal yang istimewa kami yang telah menerima penghargaan dari Kedutaan Besar Jepang dan mengucapkan terimakasih atas pemberian apresiasi kepada Polresta Barelang. 


Lanjutnya, sesuai perintah Kapolri melalui Kapolda Kepri bahwa wilayah Hukum Polresta Barelang yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura tentunya kita sangat atensi dan tidak bosan bosannya saya mengingatkan jajaran untuk selalu rutin melakukan patroli di perairan perbatasan.


"Patroli ini dilakukan untuk mencegah dan menindak orang-orang yang mencoba memberangkatkan PMI illegal melalui jalur tidak resmi akan kita tindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku," pungkasnya (Egi)


Redaktur: ZB



Share on Social Media