Batam, News

Ingat, Hari Ini Operasi Zebra Seligi 2023 Dimulai, Polisi Sasar 7 Pelanggaran

Egi | Senin 04 Sep 2023 11:19 WIB | 861

Polres/Ta dan Polsek
Polda Kepri
Satlantas


Kapolda Kepri melakukan pengecekan kendaraan, Senin (4/9) foto:egi


MATAKEPRI.COM BATAM -- Polda Kepri melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Seligi 2023, dengan tema Kamseltibcarlantas Menuju Pemilu 2024, Senin (4/9/2023). 


Apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Tabana Bangun mengatakan, Operasi ini akan berlangung 4 sampai 17 September 2023.


"Operasi Zebra Seligi 2023 ini digelar secara serentak seluruh Indonesia. Termasuk seluruh jajaran Polres atau Polresta di Wilayah Hukum Polda Kepri. Operasi ini akan dimulai 4 sampai 17 September 2023. Atau selama 2 minggu kedepan," ujar Tabana dalam apel gelar pasukan. 




Tabana menyampaikan, tujuan digelar Operasi Zebra Seligi 2023 ini yaitu untuk mengatasi permasalahan di bidang lalulintas, umumnya kecelakaan, kemacetan, pelanggaran, kebisingan, polusi udara, getaran, dan lain-lain. 


"Sebagaimana yang kita ketahui, saat ini penggunaan kendaraan roda dua maupun roda empat saat ini meningkat. Sebagai gambaran operasi tahun yang lalu, pelanggaran yang terpantau oleh ETLE terdapat 21 ribu lebih jumlah pelanggaran. Penilangan sebanyak 326, terdapat 32 kejadian lakalantas dengan korban meninggal 7 orang, luka berat 6 orang dan luka ringan 34 orang," bebernya. 


Kapolda Kepri berharap kepada anggota maupun instansi lainnya yang terlibat dalam operasi ini dapat mewujudkan dan membangun kamseltibcarlantas. 


"Kita berharap dengan adanya operasi ini, kita menargetkan masyarakat yang tidak mematuhi peraturan lalulintas dan lokasi rawan lalulintas," tuturnya. 


Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombes Pol Tri Yulianto menambahkan, adapun sasaran dari Operasi Zebra Seligi 2023 ada 7 diantaranya pengemudi kendaraan roda dua harus menggunakan helm SNI, tidak boleh berboncengan lebih dari dua orang. Tidak boleh melawan arus, pengemudi tidak terpengaruh alkhohol. 


"Kemudian jangan sampai pengemudi melebihi kecepatan, harapan dengan operasi ini agar bertujuan menurunkan angka pelanggaran lalulintas, angka kecelakaan lalulintas dan fatalitas laka lantas," kata Tri. 


Keberhasilan dalam operasi ini tidak terlepas dari andil seluruh aspek, dan petugas personil Polantas harus berperan mengedukasi melaksanakan upaya pencegahan dan penyuluhan kepada masyarakat pengguna jalan, termasuk komunitas pengendara di Kepri.




"Upaya pencegahan dengan patroli dan kami mengharapkan seluruh stakeholder membantu operasi ini," tuturnya. 


Diketahui bahwa potensi terjadinya laka lantas itu diawali dari pelanggaran. Kami mengharapkan kepada masyarakat ketika tidak melihat adanya personil dilapangan, mesti menyadari atau sadar dalam mentaati peraturan lalulintas.


"Sebelum dilaksanakan operasi ini kami sudah lakukan upaya penyuluhan kepada masyarakat. Kami juga melaksanakan patroli rutin hingga malam hari," terangnya.


Kemudian mencegah adanya potensi tindak kriminal ketika adanya patroli rutin dari petugas kepolisian. 


"Patroli ini tentu bisa berdampak dari segi pencegahan terjadinya kriminal ataupun aktifitas balap liar di masyarakat, sebab di beberapa ruas jalan kota Batam yang sudah dilebarkan kerap sekali ditemukan seperti ini, maka upaya patroli ini dinilai efektif," pungkasnya. 


Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad menambahkan, jumlah personil yang terlibat dalam Operasi Zebra Seligi 2023 ini sebanyak 291 orang. 


"Terdiri dari Polda Kepri 50 orang, Polresta Barelang 64 orang, Polresta Tanjungpinang 82 orang, Polres Karimun 40 orang, Polres Lingga 15 orang, Polres Bintan 14 orang, Polres Natuna 13 orang dan Polres Anambas 13 orang," kata Pandra. (Egi) 


Redaktur: ZB





Share on Social Media