Batam, News, Kepri

Jaga Keamanan Laut, Bakamla RI Gelar Patroli Bersama Selama Dua Bulan

Egi | Selasa 23 Aug 2022 15:36 WIB | 918

Polda Kepri
Bakamla RI
BP Batam
Aset Daerah
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM BATAM -- Bakamla RI melaksanakan patroli bersama keamanan dan keselamatan laut nasional tahun 2022 di Pelabuhan Bintang 99 Batu Ampar pada Selasa (23/8/2022) pagi. 


Patroli Bakamla RI juga diikuti oleh TNI AL, Polair, Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) , Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) , dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Republik Indonesia. 


Patroli yang dipimpin oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia mengatakan, patroli bersama ini merupakan pertama kali dilaksanakan sejak disahkannya Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2022.


"Patroli bersama yang digelar selama dua bulan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia," kata Aan Kurnia. 


Lanjutnya, tanpa kerjasama yang optimal antar penegak hukum di laut, rasa aman, dan nyaman bagi pengguna laut dan seluruh masyarakat di Indonesia. 


"Patroli ini digelar sebagai perwujudan Perpres RI yang tertuang dalam PP Nomor 13 tahun 2022 diperkuat dengan keputusan Menko Polhukam nomor 74 tahun 2022,“ bebernya. 


Fokus utama patroli bersama ini adalah di perairan laut Natuna Utara, Selat Malaka, dan Laut Sulawesi. 


"Dalam operasi ini, Bakamla RI akan mengerahkan tujuh kapal Negara yang sudah dilengkapi dengan meriam 30 mm, senjata mesin berat kaliber 12.7 mm dan senjata ringan personel DSAR 15 kaliber 5.56," imbuhnya (Egi



Share on Social Media