Nasional , News, Pendidikan

Antusias Ratusan Pelajar Saat Berkunjun Ke Kapal Perang Kolanmil

Juliadi | Selasa 17 Sep 2019 21:08 WIB | 254

TNI
Angkatan Laut


Para pelajar saat mengunjungi Kapal Perang Kolinlamil, Selasa (17/9/2019). Foto : Dispen Kolinlamil/MK


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Deretan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang berjajar rapi di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara, bak magnet yang menarik  masyarakat umum, untuk dikunjungi dan mengenal lebih dekat. Hal ini terlihat dengan tidak henti-hentinya, bahkan setiap hari, rombongan pelajar/anak sekolah mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi, maupun masyarakat umum, baik yang berasal dari wilayah Jabodetabek maupun dari luar Jabodetabek silih berganti memasuki Mako Kolinlamil untuk mengunjungi sejumlah kapal perang TNI AL  yang berada di bawah kendali Kolinlamil tersebut.


Kunjungan kali ini dari Pondok Pesantren Al – Washilah, Kembangan, Jakarta Barat dengan 376 siswa dan 43 Guru yang dipimpin Kepala Sekolah, Bpk Lukmanul Hakim mendapat giliran menikmati dan merasakan suasana kehidupan di lingkungan TNI AL khususnya di atas KRI Teluk Bintuni 520 yang sedang sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Selasa (17/9). KRI yang dikomandani Letkol Laut (P) Suroto., M. Tr (Hanla) ini merupakan kapal perang buatan anak bangsa yang selalu aktif dalam setiap kegiatan atau tugas. 


Keberadaan kapal perang Kolinlamil, yang terdiri dari jenis Bantu Angkut Personel (BAP), Landing Ship Tank (LST), Bantu umum (BU) dan Landing Platform Dock (LPD) sangat menarik minat masyarakat umum maupun kalangan dunia pendidikan untuk melihat dari dekat, baik sekedar berwisata maupun mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat akademisi, seperti perkuliahan lapangan yang berhubungan dengan dunia Kemaritiman dan masalah keamanan laut serta penegakan hukum di laut. Untuk tingkat anak-anak, play group dan TK maupun sekolah lanjutan, pada umumnya kegiatan kunjungan ke kapal perang Kolinlamil ini sebagai salah satu program field trip yang mengandung  nilai edukasi, maupun  berwisata untuk mengisi liburan sekolah dengan kegiatan yang lebih bermanfaat guna menambah wawasan serta mengenalkan dunia kemaritiman sejak dini.


Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. membuka kesempatan kepada masyarakat umum terutama para pelajar dan mahasiswa untuk berkunjung ke Kolinlamil sebagai salah satu sarana menambah pengetahuan kemaritiman dan keangkatanlautan. Dalam setiap kunjungan siswa, kapal perang jajaran Kolinlamil telah menyiapkan paket kegiatan, mulai dengan pengenalan secara umum tentang tugas TNI AL dan Kolinlamil,  pengenalan kapal perang secara global, yang meliputi tugas pokok, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang, yang disampaikan oleh perwira KRI.


Para pengunjung diberi kesempatan untuk menonton film yang berisi rekaman kegiatan maupun profil yang berkaitan dengan kegiatan TNI AL, khususnya Kolinlamil, serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI AL sebagai penegak kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi nasional Indonesia.


Usai pemutaran film dokumentasi, para pengunjung diajak berkeliling ke seluruh bagian kapal sambil menerima penjelasan dari prajurit KRI yang bertugas mendampingi, mulai dari melihat berbagai jenis persenjataan, peralatan navigasi, peralatan komunikasi dan kelengkapan alat-alat Search and Rescue (SAR) serta fasilitas akomodasi. (***)


Sumber : Dispen Kolinlamil