Batam, Hukum & Kriminal

KRI Bung Tomo 357 Berhasil Menangkap Kapal Asing Asal Vietnam Di Laut Natuna

Juliadi | Selasa 19 Feb 2019 19:00 WIB | 663

Tol Laut
Penyelundupan


Komandan Danguspurla Laksamana Pertama TNI Irvansyah, saat meninjau solar kapal asal Vietnam di Lanal Batam


MATAKEPRI.COM, Batam - Kapal KRI Bung Tomo - 357 berhasil kapal dari Vietnam yaitu Kapal BT 99506 TS dengan Tonage 99 GT berbendera Vietnam, dengan Nahkoda Hanghuu dan jumlah ABK 3 pada Minggu 17 Februari 2019 kemarin di Laut bagian utara Natuna.

Hal itu disampaikan dalam konferensi pers oleh Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Laksamana Pertama TNI Irvansyah di dampingi oleh komandan KRI Bung Tomo - 357 Kolonel (P) Armin. 

"menangkap kapal ikan asing seperti rekan-rekan melihat sendiri di belakang kita, kapal sandar Vietnam, selain kapal pemasok yang menyuplai bahan bakar ikan juga untuk kapal penangkap ikan asal Vietnam," ujar Laksamana Pertama TNI Irvansyah, Selasa (19/2/2019) bertempat di pangkalan TNI AL (Lanal) Batam. 

Ia juga mengatakan byang lain yang bertugas meminta ikan pemasok pada tanggal 17 Februari 2019 kemarin pada pukul 04.00 Wib, kapal KRI Bung Tomo 357, melaksanakan patroli. 

KRI Bung Tomo 357 pun melakukan penggelapan juga. Kapal tersebut lalu didekati, namun kapal tersebut meminta bantuan diri dengan cara bermanuver berbelok-belok. 

Setelah matahari terbit kapal tersebut, baru bisa dihentikan dengan cara menurunkan kapal karet dari KRI Bung Tomo 357 dengan tim vbss nya, KRI Bung Tomo 357 tidak dapat langsung naik ke kapal Vietnam, karena itu mereka masih dapat menghindar. 

Setelah KRI Bung Tomo 357 mendapatkan perintah dari Komandan untuk pasang meminta untuk melakukan percakapan.

Menurutnya laut Natuna tidak boleh kosong, maka dari itu laksanakan patroli baik itu penegakan hukum maupun menegakkan kedaulatan seperti sebelumnya mereka pernah mengusir kapal-kapal perang Cina, yang masuk di kapal Natuna.

Mereka pun kuratif pihaknya bayang-bayangi mereka keluar dari laut Natuna.  

Baca Juga: Wakil Walikota Menemui Para Aliansi Mahasiwa Depan Kantor Pemko Batam

"nanti setelah dapat membicarakan kapal Vietnam kita temukan, kapalnya mengandung bahan bakar solar sekitar kurang 150 ton, kita duga ini memang cara kerja, mereka ada beberapa kapal ikan, satu kapal pemasok. Jadi mereka bisa lama di laut untuk ikan," kata Laksamana Pertama TNI Irvansyah. 

Sementara itu, ditempat yang sama Komandan KRI Bung Tomo 357, Kolonel (P) Armin, menjelaskan penangkapan berawal saat KRI Bung Tomo-357 menjalankan patroli sektor di wilayah perairan Indonesia dan kemudian membuka kontak kapal yang dicurigai menggunakan kegiatan yang dilakukan di wilayah Landas Kontinen Indonesia pada posisi 05 ° 51 '40 ”U - 105 ° 49' 50” T, bertentangan di Perairan Laut Natuna Utara.

Menindaklanjuti hal tersebut, dengan sigap KRI Bung Tomo-357 melakukan prosedur Pengejaran, Penangkapan dan Penyeleidikan (Jarkaplid) dilanjutkan dengan Peran Pemeriksaan dan Penggeledahan untuk memuat, personel dan dokumen pengiriman tersebut. (Adi)