Lingga

Sudah Pernah ke Pantai Berdaun yang ada di Lingga? Ini Keunikannya

| Minggu 26 Mar 2017 12:26 WIB | 3149




MATAKEPRI.COM, Lingga - Setiap pantai di Indonesia pasti memiliki ciri khas tersendiri. Tahukah traveler jika ada pantai di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) bernama Batu Berdaun?

Kenapa? Karena, di tepian pantai bertengger bongkahan batu jumbo ditumbuhi daun serta pohon. Keunikan tersebut menjadikan magnet bagi wisatawan.

Entah berapa tahun usia batu dan pohon tersebut muncul di lokasi tersebut. "Sejak saya kecil, batu berdaun ini sudah ada di tempat sekarang," ucap Nur (38), warga Dabo Singkep, saat mengantar sejumlah jurnalis bersama perwakilan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Desa Daun Berbatu, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Kepri, Sabtu (25/3/2017) sebagaimana dilansir detik.com.

Menatap langsung dari dekat, wujud batu 'kekar' ini menjulurkan sejumlah pohon berbatang kecil yang hingga kini tetap tumbuh. 

Bukan sulap, bukan pula sihir, proses kemunculan pohon pada batu karang hitam pekat ini terjadi secara alami.

Pohon berdaun yang melekat di batu tersebut, informasinya merupakan jenis pohon laban dan cemara. 

Penampakan batu berdaun itu sepintas mirip salah satu tipe bentuk bonsai yaitu gaya saike atau miniatur alam.

Suasana sekitar di pantai Batu Berdaun terlihat asri lantaran tumbuh aneka flora. Sejumlah bangunan saung berdiri di tepian pantai.

"Ombaknya tenang kalau di sini. Biasanya ramai kalau saat lebaran dan tahun baru. Kalau hari biasa, memang sepi," ujar Nur. 

Pantai Batu Berdaun berjarak sekitar 9 kilometer dari daerah Dabo, ibukota Kecamatan Singkep, yang dapat ditempuh selama 15 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat dengan kecepatan sedang. Masuk ke area wisata ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

Kecamatan Singkep masuk wilayah Pulau Singkep di Kepri yang memiliki rute angkutan udara penerbangan perintis.

Maspakai Susi Air yang melayani penerbangan perintis ini dengan menyiapkan pesawat tipe NC212-200 yang dikembangkan oleh PTDI. 

Akses menuju Pantai Batu Berdaun di Singkep ini dapat melalui Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau, lalu mendarat di Bandara Dabo Singkep dengan jelajah tempuh penerbangan selama 1,5 jam. (***/isu)



Share on Social Media