News

Begini Gaya Megawati, Joko dan Puan Maharani Saat Berswafoto dengan Raja Salman

| Kamis 02 Mar 2017 21:48 WIB | 1116




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Cucu proklamator Bung Karno adalah orang yang pertama kali dicari-cari Raja Arab Saudi Salman Abdulaziz bin Al-Saud begitu menginjakkan kaki di Indonesia, Rabu (1/2/2017).

Ketika itu, Raja Salman disambut Presiden Jokowi di Istana Bogor. Kebetulan, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani yang juga cucu Bung Karno turut menyambut kedatangan Sang Raja.

Presiden Jokowi pun langsung mengenalkan Puan kepada Raja Salman. Raja terlihat menghormati Puan dan sempat berbincang singkat.

Masih teringat di memori Raja Salman akan kewibawaan dan keramahan Bung Karno semasa hidup.

Mengetahui kekaguman Raja Salman kepada sosok Bung Karno, Presiden Jokowi kembali mengatur pertemuan Raja dengan keturunan Bung Karno lainnya, Megawati Soekarnoputri yang juga Presiden kelima RI.

Bertempat di Istana Merdeka, Jokowi mempertemukan Megawati yang didampingi Puan berbincang dengan Raja. Pertemuan ini dilakukan sebelum Raja bertemu ulama-ulama Indonesia. 

Seperti tertangkap dalam kamera, pertemuan berlangsung santai selama 15 menit. Raja Salman lebih banyak bercerita dan direspon Megawati. Sementara Jokowi dan Puan lebih banyak mendengarkan.

Puan Maharani mengungkapkan ada hal unik soal cerita kedekatan Raja Arab Saudi dengan kakeknya, Bung Karno.

Puan menuturkan Presiden Soekarno sempat membuatkan tempat tidur khusus untuk Raja tersebut.

“Jadi menceritakan bahwa waktu itu Raja Saudi ada yang bertemu dengan Bung Karno,  ini yang tadi kita bicara enggak tahu Raja Saudi yang mana, bahwa Raja Faisal atau Abdullah. Kemudian pada kesempatan itu raja yang mau datang ke Jakarta karena tinggi besar sekali nggak ada tempat tidur yang cukup, nah Bung Karno selaku arsitek membuat tempat tidur khusus untuk raja tersebut, rajanya lupa, sepanjang dua meter. Sekarang tempat tidur itu ada di Istana Bogor,” ujar Puan.

Di akhir perbincangan, Puan pun melontarkan permintaan untuk berswafoto bersama dengan Raja.

Permintaan Puan itu kemudian disampaikan Presiden Jokowi kepada Raja Salman.

Raja Salman menyambut permintaan itu. Dengan menggunakan ponsel Puan, Raja Salman  berfoto bersama Megawati, Jokowi, dan tentunya Puan Maharani.(*/kcm)




Share on Social Media