Batam

Jaga Kualitas Air, BP Batam dan PT ABHi Lakukan Flushing Jaringan Pipa Air

Juliadi | Sabtu 06 Jan 2024 23:23 WIB | 324

SPAM/PDAM
BP Batam



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Badan Pengusahaan (BP) Batam bersama PT Air Batam Hilir (ABHi) melakukan kegiatan flushing terhadap jaringan pipa air di 15 titik wilayah Kota Batam, pada Sabtu, (6/1/2024). 


Hal itu dilakukan sebagai wujud komitmen BP Batam meningkatkan pelayanan dan kualitas air bersih kepada masyarakat Batam, sebagaimana arahan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. 


"Jadi flushing hari ini adalah program rutin yang ditambah intensitasnya, mengingat adanya sejumlah keluhan pelanggan," kata GM SPAM Hilir BP Batam, Djohan Effendy usai meninjau kegiatan. 


Disebutkan, Flushing merupakan pekerjaan yang dilakukan untuk membersihkan kotoran berupa kerak dan endapan yang ada dalam saluran perpipaan dengan tekanan tertentu melalui katup pengurasan.


Flushing juga salah satu cara guna menjaga kualitas dan kontinuitas air yang didistribusikan oleh SPAM Batam.


"Flushing ini juga dilakukan usai perbaikan jaringan perpipaan yang bisa menyebabkan air keruh ke pelanggan," ujarnya.


"Kegiatan hari ini juga ada penambahan beberapa titik ujung pipa pembuangan atau wash out untuk memaksimalkan kualitas air," ujarnya lagi.


Ditambahkan, proses flushing, sudah dimulai pada Jumat (5/1) kemarin, dan akan dilaksanakan beberapa tahap kegiatan. 


"Disaat yang sama, SPAM Batam juga melakukan chemical treatment agar kualitas air yang diterima semakin baik," pungkasnya. 


Adapun titik dilakukan flushing kali ini di wilayah Botania Garden, SMA 3, Taman Raya tahap 5, Batu Besar, Citra Lautan Teduh, dan kawasan Tiban seperti Taman Sari dan Tiban Global. (*) 


Redaktur : ZB



Share on Social Media