Batam, News, Kesehatan, Pendidikan, Kepri

Berikan Penyuluhan dan Cek Kesehatan Lansia, Uniba Batam Kerjasama Dengan Panti Jompo True Love

Egi | Kamis 12 Jan 2023 15:53 WIB | 161

Perguruan Tinggi/Sekolah
Bakti Sosial
Kesehatan
Lingkungan Hidup
Siswa/Mahasiswa


Mahasiswa Uniba dan Lansia Panti Jompo True Love foto bersama Kamis (12/1/2023) foto:humas Uniba


MATAKEPRI.COM BATAM -- Yayasan panti jompo True Love Batam menggelar kerjasama dengan pihak Universitas Batam untuk saling mendukung upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).


Peningkatan kualitas SDM ini melalui pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta program merdeka belajar kampus.


Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Batam Prof. Yuliansyah,M.S.A.,PH.D,Akt,CA, Warek-III Dr.Mohamad Gita Indrawan dan Dekan Ilmu Kesehatan,Isramilda,S.Si.,M.Si beserta jajaran Dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan. 


Selain melaksanakan kerjasama antara kedua belah pihak, kegiatan sosial yang dipandu program studi ilmu keperawatan Universitas Batam dan Yayasan True Love yang terletak di Jalan Bumi Perkemahan, Kavling Indah blok A7 nomor 56-57 Kecamatan Nongsa Kota Batam di ikuti dengan pelbagai kegiatan sosial lainnya.


Pihak pengelolah yayasan True Love Batam, Intan Lia Waoma selaku Ketua yayasan dan Pendeta Wilson Zalogo yang merupakan pembina yayasan menyambut gembira akan kehadiran Universitas Batam yang turut membantu dalam penyuluhan dan pengobatan bagi penghuni lansia dipanti jompo.


Dalam sambutannya Pendeta Zalogo selaku pembina yayasan panti jompo True Love Batam mengatakan ada sebanyak 29 orangtua yang memiliki berbagai latar belakang yang berbeda menjadi jompo. 


"Misalnya orangtua yang tidak memiliki keluarga di Batam dan para orangtua lansia yang memiliki keluarga, namun tidak ada keluarga yang memiliki waktu untuk mengurusi orangtuanya lantaran berbagai kesibukan pekerjaan maupun pekerjaan," ujar Zalogo pada Kamis (12/1/2023) siang. 


Lanjutnya, sejauh ini hambatan kita yang terpenting adanya perhatian soal kesehatan, maka dengan adanya kerjasama ini pihak pengelolah panti jompo sangat bersyukur sekali.


"Setidaknya kehadiran kampus Uniba terkhusus fakultas ilmu kesehatan akan memberikan kontribusi berupa penyuluhan dan penanganan kesehatan pada orangtua lansia di panti jompo True Love Batam," tuturnya. 


"Kami berterimakasih atas perhatian pihak Uniba yang mau menjalin kerjasama dengan pihak panti jompo True Love Batam, terkhusus dalam penyuluhan dan penanganan kesehatan bagi para penghuni orangtua lansia di panti jompo," sambungnya. 


Ada 4 tahapan yang dilaksanakan oleh pihak kampus Uniba pada kunjungan kasih di panti jompo, selain melaksanakan nota kesepahaman, para mahasiswa ilmu kesehatan yang didampingi para Dosen melakukan pemeriksaan kesehatan berupa chek gula dan darah serta chek tensi.


Usai melakukan chek kesehatan pada penghuni panti jompo para mahasiswa yang tergabung dalam himpunan keperawatan Uniba juga mengajak senam bersama di halaman depan panti jompo tersebut.


Menurut Rektor Uniba Profesor Yuliansyah menyampaikan menyambut baik kerjasama sosial ini, bahkan Yuliansyah menegaskan pada para hadirin agar teruslah berbuat kebaikan, sebab manusia tidak bisa menjalani hidup sendiri tentunya pasti membutuhkan bantuan orang lain.


"Mari kita warnai kehidupan ini dengan berbuat baik pada sesama karena sejatinya manusia saling membutuhkan dan mendukung satu sama lain," kata Profesor Yuliansyah.


Mengakhiri kegiatan di panti jompo True Love Batam ditutup dengan pemberian paket sembako kepada para penghuni panti jompo True Love Batam, (Egi) 


Redaktur: ZB