Batam, News, Kepri

Pandemi Covid-19 Reda, ASDEKI Sebut Aktivitas Bongkar Muat Kembali Bergeliat

Egi | Selasa 24 May 2022 16:13 WIB | 812

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Covid-19
Kawasan Industri
Pengusaha


Delfian Hertinus Sekretaris ASDEKI (ist)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (ASDEKI) Kepulauan Riau mendukung ketersediaan kontainer demi kelancaran perdagangan di tengah pemulihan ekonomi baik di tingkat regional maupun internasional.  


Hal tersebut diungkapkan oleh Delfian Hertinus Sekretaris ASDEKI di daerah Bengkong pada Selasa (24/5/2022) siang. 


Ia mengatakan bahwa penyediaan kontainer merupakan sektor vital bagi perdagangan barang mengingat Kepulauan Riau merupakan wilayah strategis yang berbatasan langsung dengan jalur perdagangan internasional.


"Kita berharap ketersediaan kontainer, dan kemudahan perdagangan maupun keterjangkauan untuk harga bongkar muat," ujar Delfian. 


Pada bulan Juni 2021 sempat terjadi lonjakan harga sewa kontainer dan biaya bongkar muat. Akibat adanya kelangkaan kontainer yang akan digunakan oleh pengusaha, dan ini terjadi juga karena terjadi penumpukan kontainer di beberapa negara akibat kebijakan lockdown guna mengatasi pandemi covid 19.


"Saat ini kondisi sudah mulai berangsur membaik walaupun belum normal seperti sebelum pandemi. Disisi lain bahwa proses bongkar muat dan sewa kontainer di Kepri relatif murah jika dibanding wilayah lain di Indonesia termasuk ketepatan waktu kirimnya" ungkap delfian.


Kami dari pelaku usaha senantiasa mendukung upaya Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional seraya berharap kondisi akan semakin membaik seiring terkendalinya covid 19.


"ASDEKI berharap kepada pemerintah bisa mampu menjaga iklim investasi serta daya beli masyarakat sehingga perdagangan antar pulau dan antar negara kembali bergeliat," pungkasnya. 


Perlu diketahui, keberadaan fasilitas depo peti kemas memiliki peran vital untuk mendukung efisiensi tata kelola serta tata niaga dalam Sistem Logistik Nasional (Sislognas). 


Sebagai bagian dari fasilitas penyimpanan infrastruktur logistik guna mendukung kegiatan bongkar muat barang, layanan di depo peti kemas juga memperlancar dan mengifisiensikan jalur mata rantai pasok terutama dalam internasional trade terutama dalam perdagangan internasional atau ekspor-impor, (Egi




Share on Social Media