Batam

Cegah Karhutla, Manggala Agni Daops Sumatera VIII Bentuk

Juliadi | Kamis 11 Feb 2021 09:31 WIB | 1709

Karhutla


Tim Pencegahan Tim Patroli Pencegahan Karhutla membagikan poster kepada masyarakat


MATAKEPRI.COM BATAM -- Manggala Agni Daops Sumatera VIII/ Batam untuk pertama kalinya melakukan Patroli Pencegahan kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Bintan, Kepri, Rabu (10/2/2021).


Anggota Manggala Agni Daops Sumatera VIII/ Batam berangkat dengan menggunakan Kapal Roro melalui Pelabuhan Punggur Batam menuju Pelabuhan Tanjung Uban Bintan.



Tim patroli akan melaksanakan Patroli Pencegahan di wilayah-wilayah rawan Karhutla yaitu di Desa Bintan Buyu Kec Teluk bintan, Desa Ekang Anculai Kec Teluk Sebong dan Kelurahan Toapaya Utara Kec Toapaya Kabupaten Bintan, Kepri.


Untuk melaksanakan kegiatan patroli pencegahan Karhutla dibentuk tim yang beranggotakan 5 orang Anggota Manggala Agni Daops Sumatera VIII/ Batam, sebagai bentuk kesiapan, tim patroli memastikan kondisi personil dan armada, peta wilayah rawan karhutla juga sudah disiapkan untuk memudahkan tim patroli pada saat pelaksanaan tugas.


Dalam pelaksanaan harian Patroli dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya melakukan koordinasi dengan aparat setempat, memberikan sosialisasi, penyuluhan serta membagikan bahan sosialisasi seperti stiker, poster dan bahan lainnya, melakukan pemadaman dini bila ditemukan kebakaran dan melaporkan hasil pelaksanaan patroli pencegahan.



Salah satu anggota tim patroli pencegahan Subiarto, berharap, pemerintah setempat dan masyarakat dapat ikut berperan untuk mencegah sejak dini karhutla.


“Kami berharap Patroli Pencegahan ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat agar memperkuat kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya karhutla di wilayahnya masing-masing,” ungkap Subiarto.


Untuk menanggulangi ancaman Karhutla, Manggala Agni Daops Sumatera VIII/ Batam terus melakukan berbagai upaya pecegahan Karhutla, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran semua pihak tentang bahaya yang muncul jika terjadi Karhutla. (r/Adi) 



Share on Social Media