Batam

Manggala Agni bersama Stakeholder Lakukan Pemadaman di Hutan Lindung Kabil

Juliadi | Kamis 27 Feb 2020 10:35 WIB | 3034

Karhutla


Istimewah


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Kota Batam, Karhutla kali ini terjadi di Huta Lindung (HL) Kabil, Kecamatan Nongsa, Rabu (26/2/2020).


 Menurut penuturan warga, asap putih mulai terlihat sekitar pukul 14.00 WIB, mengetahui adanya kebakaran, warga melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib.


Pemadaman di HL Kabil, Kecamatan Nongsa, Dekat Buper Punggur Batam Rabu (26/2/2020)


Mendapatkan laporan, tim yang terdiri dari Manggala Agni, Polri, BP Batam, pemadaman Kebakaran (Damkar) Kota segera terjun menuju lokasi kebakaran dan sebanyak tiga unit Water Canon, dua unit mobil damkar dan satu unit tanki dikerahkan untuk mematikan si jago merah. 


Pemadaman di lapangan terkendala hembusan angin yang kencang dan tegakan resam, sehingga api cepat menyebar ke dalam hutan dan sekitar pukul 18.20 WIB tim berhasil menuntaskan pemadaman di lapangan. Total luasan areal terbakar diperkirakan mencapai 2 hektare.


Penyebab kebakaran saat ini masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian.


Hutan Lindung Kabil sendiri merupakan daerah resapan air yang berdekatan dengan DAM Duriangkang, sehingga Hutan Lindung tersebut perlu dijaga untuk tetap menjaga sumber air bersih bagi warga Kota Batam. (Ril) 



Share on Social Media