Batam, News

Polda Kepri Bentuk Satgas Pencegahan Dan Penanggulangan Karhutla

Juliadi | Rabu 18 Sep 2019 16:50 WIB | 176

Bencana
Pencerahan
Polda Kepri
Kebakaran
Hutan


Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Drs S Erlangga, Rabu (18/9/2019). Foto : Adi/MK


MATAKEPRI.COM, Batam - Kondisi udara di Provinsi Kepri berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) per hari ini, menunjukan kisaran 170-226. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Gubernur Kepri Isdianto, Rabu (18/9/2019) di lantai 5 Gedung Graha Kepri, Jalan Engku Putri Nomor 8, Kota Batam.


Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Kepri Kombes Pol Drs S Erlangga, mengatakan bahwa dalam menindaklanjuti dari arahan Presiden RI pada tanggal 15 Agustus 2019.


Lanjut Erlangga, dalam menindaklanjuti arahan Presiden, Polda Kepri menggelar rapat koordinasi untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) pencegahan dan penanggulangan sampai tingkat Polresta maupun Polres Kabupaten /Kota sudah kerahkan dan Posko sudah disiapkan.


"Kegiatan-kegiatan yang telah kita lakukan upaya pencegahan yang sudah kita lakukan, ada beberapa langkah melakukan kegiatan sosialisasi menggunakan kekuatan Satgas yang ada bersama stakholders terkait dengan jumlah 1201 kekuatan, untuk Polri kita ada 5420 dan TNI 4086 kekuatan yang bisa kita gunakan, "ungkap Erlangga.


Lanjut Erlangga, dalam data awal dari lokasi minta rapat awal tahun ada 117 lokasi rawan, ketika Polda Kepri Berkoordinasi dengan BMKG sampai saat ini ada tersisa 10 titik di daerah lokasi.


Dikatakan Erlangga, jumlah tersebut sudah menurun jauh dari awal pihaknya rapat koordinasi yang sebelumnya 117 Lokasi rawan. Menurutnya Satgas ini juga melakukan patroli di lokasi lokasi rawa di samping juga melakukan pemadaman.


Erlangga, mengatakan asap tersebut banyak yang dari Sumatera Selatan yang dalam penanganan. (Adi)