Batam, News, Hukum & Kriminal

Jaga Pergaulan Anak, Jangan Sampai Terlambat

Agung | Senin 09 Sep 2019 07:10 WIB | 205

Pencurian
Pemko Batam
Polsek


Kapolsek Batu Aji, Kompol Syafruddin Dalimunthe bersama belasan pelaku begal yang rata -rata masih di bawah umur. (foto


MATAKEPRI.COM, Batam -  Pada usia remaja, anak yang masih dalam pencarian jati diri, sangat mudah terbawa oleh arus atau perilaku yang negatif akibat pergaulan dan lingkungan sekitar.


Pergaulan yang dipilih serta para teman sepergaulannya mempunyai peran yang sangat besar dalam membentuk sifat dan sikap nya.


Baca Juga : Delapan Pelaku Begal Berhasil di Bekuk Polsek Batuaji, Satu diantaranya Masih Pelajar


Beberapa kali kasus kriminal yang terjadi di area Batam, masih di dominasi oleh para remaja di bawah umur, akibat pergaulan yang salah dan kurang nya pengawasan dari para orang tua.


Menurut Ketua KPPAD kota Batam, abdilah bahwa pengawasan pergaulan anak tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab orang tua. Melainkan masyarakat sekitar juga bisa dan wajib melakukan pengawasan kepada para anak dan remaja.


Kenakalan para remaja yang sering terjadi, merupakan salah satu dampak dari kurang optimalnya pembentukan dan penyelenggaran Forum Anak, kurang nya ketersediaan fasilitas untuk kegiatan kreatifitas dan rekreasi yg bermanfaat bagi anak remaja tersebut.


"Menurut hasil kajian kami dengan meningkatnya dan memaksimalkan Penyelenggara forum anak meminimalkan kecenderungan anak /remaja di kota Batam untuk melakukan berbagai kenakalan dan tindak kekerasan hingga kriminal," Kata Abdilah, setelah di hubungi Matakepri.com melalui whatsApp pada Jumat (6/9) lalu.


Baca Juga : Hasil Begal Habis di Pakai Untuk Mabuk, FR : Setiap Malam Kami Mabuk Bersama


KPPAD kota Batam juga terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong pihak terkait agar bisa berjibaku membentuk berbagai wadah atau kegiatan yang bersifat positif dan berkegiatan secara maksimal.


"Kami akan terus mendorong pemerintah agarbdapat terbentuk nya forum anak sampai ke tingkat kelurahan, dan memperbanyak tempat anak- anak dapat berkreatif dan rekratif serta akan melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga atau organisasi yang mempunyai tupoksi melakukan pembinaan anak-anak seperti organisasi seni, organisasi olahraga dan lainnya," papar abdilah.


Bahkan, KPPAD kota Batam juga akan melakukan seminar pembekalan untuk para orang tua dalam hal antisipasi dan penanganan kenakalan anak.


Kapolsek Batuaji, Kompol syafruddin Dalimunthe saat menggelar ekspos kasus begal yang di lakukan oleh belasan remaja yang rata-rata masih di bawah umur pada Kamis (5/9) Kemarin juga sangat menyayangkan kejadian tersebut.


Seharusnya pada masa produktif seperti ini para remaja tersebut harusnya bisa bersenang-senang  dan mengikuti berbagai kegiatan yang mengarah pada hal yang positif, dan bisa terus mengembangkan keahlian sesuai dengan keahlian atau kemauannya.


"Tentunya tindakkan kriminal yang dilakukan oleh para remaja ini berawal dari kumpul - kumpul yang tidak jelas tujuannya, bahkan sering mabuk-mabukan hingga bisa berbuat tindakkan kriminal," Ucap Syafruddin.


Pengawasan kepada anak, seharusnya di lakukan terus-menerus, baik di sekolah, di rumah dan juga kegiatan sehari-hari.


"Menjadi teman ngobrol bagi anak, dan selalu menjaga komunikasi yang baik tentunya sangat penting, agak anak menjadi lebih terbukanya kepada orang tua," Jelas nya. (AM)