Batam

Pemadaman Listrik Karena Satu Mesin Generator PLTU Panaran Rusak

Juliadi | Sabtu 13 Apr 2019 10:56 WIB | 320

Pencerahan
Kebijakan
Bright PLN


Benediktus Lilik Arie Susetyo Manager Operasi PT. MEB


MATAKEPRI.COM, Batam - PLN Batam Menjelaskan penyebab terjadinya pemadaman  listrik bergilir di kota Batam,PLN Batam mengajak sejumlah awak media melakukan Tour Show kebeberapa titik pembangkit listrik di kota Batam, Jumat (12/4/2019). 

Benediktus Lilik Arie Susetyo Manager Operasi PT. MEB (PLTU Panaran), menjelaskan bahwa pemadaman listrik yang terjadi akhir - akhir ini disebabkan salah satu mesin generator dan tubin di PLTU Panaran mengalami kerusakan serius sehingga menyebabkan suply listrik mengalami down hingga mencapai 40 MWh. 

Baca juga : Pasokan Listrik Di Batam PLN Batam Jelaskan Tidak Ada Masalah

"Yang seharusnya apabila mesin generator normal, PLTU Panaran memosok listrik sekitar 160 MWh atau 27 Persen dari kebutuhan Listrik di Batam Bintan, ujar Arie. 

Arie, juga mengatakan untuk mengantisipasi penurunan daya akibat kerusakan pada mesin Generator di PLTU Panaran. Pihaknya telah mengambil langkah seperti menghidupkan mesin cadangan yang mampu menyupalai listrik sebesar 19 MWh. Bahkan PLTU Panaran juga telah memesan sparepart untuk mengantikan sparepart yang rusak. 

Lanjut Arie, dipastikan barang sparepart tersebut bisa  tiba dibatam tanggal 21 April, maka pada tanggal 24 April, mesin tersebut akan bisa beroperasi,  dan dipasokan listrik dari PLTU Panaran bisa normal Kembali. 

Kemudian para tim tour Show berkesempatan diajak untuk melihat pembangkit Listrik Bright Generator dan Transmission Business Unit di Sukajadi. (Adi)