News, Kesehatan

Meski Ampuh Obati Sariawan, BPOM Larang Penggunaan Albothyl

| Kamis 15 Feb 2018 15:30 WIB | 2328




MATAKEPRI.COM - Konsentrat policresulen 36 persen selama ini dikenal ampuh mengatasi sariawan. Anjuran BPOM agar obat dengan kandungan tersebut tidak dipakai dulu, sontak memancing kehebohan di kalangan pemakai produk sejenis.

"Kita pakai aman aman aja top cer bangat obati sariawan ,kog sekarang di curigai?? ada apa gerangan??" tulis Mintaria, salah satu pembaca.

"loh obatnya udah lama muncul. kenapa baru ramai ramai sekarang?" tulis pembaca yang lain, Wandy Hwang.

Kericuhan juga terjadi di media sosial. Di twitter misalnya, banyak yang khawatir karena obat tersebut mudah didapatkan, cukup populer untuk pemakaian sehari-hari.

"waduuu beberapa hari ini aing make albothyl buat sariawan,,," tulis pemilik akun @rahmathdc.

Sementara itu, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menyebut penggunaan konsentrat policresulen 36 persen untuk sariawan memang tidak dianjurkan. Meski efektif menghilangkan nyeri sariawan, obat ini bisa memicu iritasi pada mukosa atau lapisan tipis di rongga mulut.

"Sejak awal kami sudah menyarankan pada rekan-rekan di PDGI untuk tidak menggunakan Albothyl sebagai obat sariawan. Namun, memang obat tersebut sudah dijual bebas sejak lama dan mendapat izin edar dari BPOM," kata drg Hananto Seno, Sp.BM, Ketua PDGI, Kamis (15/2/2018).(***)


Sumber : detik



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait