News, Politik

Setelah 39 Tahun, Jokowi Jadi Presiden RI Pertama yang ke Sri Lanka

| Kamis 25 Jan 2018 10:47 WIB | 1202




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Sri Lanka dalam kunjungan kenegaraan di Asia Selatan. Kunjungan tersebut adalah yang pertama kalinya setelah 39 tahun lalu. 

Selain itu, kunjungan Jokowi ke Sri Lanka sekaligus memperingati hubungan diplomatik Indonesia dan Sri Lanka yang terjalin 66 tahun.

"Kunjungan Presiden Indonesia yang pertama setelah 39 tahun dan tahun ini juga kita memperingati 66 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Sri Lanka," ujar Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi. 

Jokowi di Sri Lanka. Jokowi di Sri Lanka. Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres


Jokowi juga bertemu dengan Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena untuk membahas kerja sama. Salah satunya yakni kerja sama di bidang perkeretaapian. 

Jokowi di Sri Lanka. Jokowi di Sri Lanka. Foto: Rusman/ Biro Pers Setpres

"Presiden bertemu dengan Presiden Sri Lanka dalam pertemuan empat mata. Mudah-mudahan dengan kunjungan Presiden ini akan ada tindak lanjut yang konkret yaitu ekspor dari gerbong, baik gerbong penumpang maupun gerbong barang dari PT INKA," kata Retno. 


Dalam pertemuan juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di bidang SAR, pendidikan tinggi serta pemberantasan pengedaran narkoba. Seusai dari Sri Lanka, Jokowi akan melanjutkan lawatannya ke India hari ini.(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait