Lingga, News

Wartawan Lingga Diduga Melakukan Tindakan Diluar Profesi

| Rabu 10 Jan 2018 15:29 WIB | 1520




MATAKEPRI.COM, Lingga - Beredar isu dan keluhan sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Lingga dengan adanya oknum yang mengaku wartawan melakukan tindakan diluar profesi. Tindakan menyalahgunakan pekerjaan tersebut, dalih bantuan pembangunan kantor media ditanggapi Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam, Muhammad Zuhri.


Dalam hal ini, Zuhri mengecam tingkah laku wartawan yang meminta kepada kepala desa tersebut. Dia tegaskan dan meminta setiap kepala desa yang merasa dirugikan untuk berani melaporkan perlakuan tersebut kepada pihak berwajib.

“Kalau ada yang mengaku-ngaku wartawan dan minta sumbangan yang meresahkan, dilaporkan saja ke pihak berwajib,” ujar dia, Rabu (10/01).

Selain dia, Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi terkait permasalahan ini mengatakan, jika perbuatan seseorang terhadap orang lain dirasakan menggangu apalagi bertentangan dengan norma sosial, maupun hukum positif dan anturan lain yang berlaku di negara ini, akan ada konsekuensinya tanpa memandang profesi dan kedudukan.

“Orang-orang yang menyalah gunakan profesi untuk melakukan kejahatan bukan hanya dari profesi wartawan saja, hampir semua profesi ada oknum yang perbuatannya mencederai kode etik profesi,” kata dia, Rabu (10/01).

Sebelumnya, sejumlah Kepala Desa diKabupaten Lingga mulai resah, kerena oknum tersebut datang sebagai wartawan datang ke sejumlah desa membawa selembar surat untuk meminta sumbangan sarana dan prasarana kantor perwakilan di Daik Lingga. Tidak hanya sekali, bagi desa yang dipandang bermasalah, oknum tersebut berkunjung beberapa kali.

Bahkan, tidak hanya untuk pembangunan kantor ataupun keperluan perusahan, tapi oknum juga meminta bantuan kepada kepala desa untuk keperluan peribadi.

Tindakan tersebut justru melemahkan profesi wartawan, dimana harus mencari dan memberikan informasi bukan menyemaikan citra buruk pada masyarakat.

“Kami sebenarnya tidak masalah, tapi yang kami takutkan, dengan cara seperti ini, citra wartawan yang ada di Lingga ini dapat tercemar, kasihan mereka-mereka yang tidak tau ini” ujarnya salah satu Kepala Desa yang merasa dirugikan. (***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait