News, Ekonomi

Bank Mengalami Penurunan Jumlah Pegawai, Ada Apa??

| Kamis 09 Nov 2017 10:43 WIB | 2942




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Pegawai bank mengalami penurunan jumlah periode September 2016 hingga September 2017. Ekonom menilai ini adalah hal yang wajar, karena bank juga harus melakukan efisiensi.

Pengamat ekonomi, Aviliani menjelaskan untuk mengantisipasi hal ini pemerintah juga harus memikirkan cara alternatif untuk penyerapan tenaga kerja. 

"Ke depan, perlu dipikirkan juga pemerintah berkontribusi di level pegawai yang memang akan terdampak era digital. Misalnya menyiapkan pekerjaan mendukung basis digital," kata Aviliani saat dihubungi detikFinance, Kamis (9/11/2017).

Dia menambahkan, selain itu para pekerja juga harus mempersiapkan di era digital ini. Pasalnya, memang akan terjadi perubahan yang signifikan oleh teknologi.

"Pekerjanya juga harus mempersiapkan diri, ke depan akan ada shiftingbesar-besaran dari konvensional ke digital yang memerlukan sedikit tenaga manusia. Harus punya skill lain agar bisa bertahan," jelas dia.

Selain itu era persaingan bebas pada 2020 di masyarakat ekonomi Asean (MEA) sektor keuangan, pasti bank sudah memilah bagian mana yang akan dipangkas untuk bisa bersaing dengan negara asing.(www.matakepri.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait