Ada Kesadaran dan Peran Aktif Masyarakat untuk Basmi Pungli

| Sabtu 17 Dec 2016 20:55 WIB | 2150



Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan sejak dibentuk hingga saat ini sudah ada 17.600


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satas Saber Pungli) hari ini genap berusia 50 hari. Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan sejak dibentuk hingga saat ini sudah ada 17.600 laporan pengaduan masyarakat terkait praktik Pungli.

Menurut Wiranto jumlah pengaduan yang mencapai 17.600 itu cukup besar. Ini menandakan bahwa sekarang sudah ada kesadaran dari masyarakat untuk terlibat aktif dalam pemberantasan Pungli.

"Kita sudah tahu bahwa 50 hari ini sudah ada 17.600 laporan dari masyarakat, itu jumlah yang cukup besar artinya masyarakat sudah sadar bahwa tugas pembersihan Pungli ini tidak hanya dibebankan kepada Satgas tapi masyarakat harus berperan aktif untuk melaporkan," kata Wiranto kepada wartawan di silang Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2016).

Wiranto pun meminta masyarakat untuk tidak segan melaporkan kepada Satgas jika menemui adanya praktik Pungli yang mereka temui di lapangan. Untuk lebih mengenalkan Tim Satgas itu lah, hari ini dilakukan sosialisasi gerakan sapu bersih Pungli.

"Kita merasa bahwa pemahaman mengenai Satgas ini masyarakat masih kurang banyak dan oleh karena itu pada hari ini kita meluncurkan satu gerakan sosialisasi sapu bersih Pungli, untuk apa? agar lebih luwes lagi, masyarakat paham. Karena kita tahu bahwa Pungli sudah hampir masyarakat toleran terhadap Pungli itu," papar Wiranto.

Satgas Sapu Bersih juga akan melakukan pendekatan kebudayaan untuk memberantas praktik Pungli. "Untuk mebersihkannya, kita juga perlu dengan cara-cara budaya, oleh karena itu hari ini kita melakukan satu sosialisasi gerakan budaya sapu bersih Pungli," kata Wiranto.



Share on Social Media