Nasional , Hukum & Kriminal

Lanal Banten Berhasil Gagalkan Penyelundupan 2 Juta Batang Rokok Ilegal

Juliadi | Minggu 12 Mar 2023 11:03 WIB | 641

Hukum & Kriminal
AD/AL/AU
TNI/Polri


Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin dan KPPBC Merak, Sabtu (11/3/2023). Foto: Istimewah


MATAKEPRI.COM BANTEN -- Pangkalan TNI AL (Lanal ) Banten berhasil menggagalkan upaya penyelundupan rokok dengan Cukai yang tidak sesuai serta tidak di lengkapi dengan dokumen yang rencananya akan dikirim menuju Pulau Sumatera di Pelabuhan ASDP Merak, Sabtu (11/3/2023). 


Upaya penggagalan rokok illegal tersebut berhasil dilakukan oleh Tim Satuan tugas (Satgas) TNI AL Pengamanan (Pam) Obyek vital nasional (Obvitnas) Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak dan Satgas Gurindam Sakti-23 Koarmada I, Tim gabungan melakukan pengamatan dan pengintaian terhadap barang-barang yang akan menyebrang ke Pulau Sumatera melalui pelabuhan merak yang di duga memuat rokok yang tidak memiliki cukai resmi. 


Berdasakan hal tersebut Tim Satgas gabungan berhasil mengamankan satu unit Truck berisi muatan rokok illegal dengan Cukai tidak sesuai dan tidak disertai dokumen.


Selanjutnya barang bukti rokok di serahkan ke Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya Merak (KPPBC Merak) untuk dilaksanakan pendalaman lebih lanjut serta penyelidikan dan penyidikan.


Pada kesempatan press release tersebut Danlanal Banten, Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin menyampaikan TNI AL akan terus berkomitmen melaksanakan  operasi intelijen sehingga hal - hal negatif seperti penyelundupan melalui objek vital nasional seperti ini akan ditindak tegas. (*) 


Redaktur: ZB



Share on Social Media