Batam

Persiapan RSBP Batam Jadi KEK Kesehatan, 3 Taman dan 1 Jalur Sepeda Dibangun

Juliadi | Jumat 02 Apr 2021 22:28 WIB | 115

Pemko/Pemda/Pemrov
BP Batam


Wali Kota Batam sekaligus Kepala Badan Pengusahaan Batam Muhammad Rudi


MATAKEPRI.COM, BATAM - Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi meletakan batu pertama untuk tiga kegiatan di Sekupang, Jumat (2/4/2021) pagi.


Tiga kegiatan tersebut adalah pembangunan Taman Rusa tahap 3, Taman Kolam Sekupang tahap 2 dan pembangunan Jalur Sepeda Jalan RE Martadinata Batam Tahap 2 dengan total nilai kontrak sebesar Rp 24 miliar.


Pembangunan jalur sepeda jalan RE Martadinata Batam Tahap 2 diketahui sepanjang 2,7 kilometer tanpa street furniture dengan lebar jalur sepeda 3,5 meter. 


Kemudian, pembangunan di Taman Rusa meliputi pembangunan kolam bermain anak, kolam ikan dan stonehenge  7.120 M², Kolam pancing 2.260 M² dan area parkir 59.010 M².


Sementara, Taman Kolam dibangun jogging track dengan panjang lintasan 1.200 meter dan lebar lintasan 3,5 meter dan  dilengkapi rest area. Fasilitas lainnya, yakni penyediaan taman terbuka hijau yang berlokasi di depan RSBP Batam.


Rudi menyebutkan, tiga pembangunan ini digesa guna mendukung investasi di Kota Batam, tepatnya Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam yang kini dipersiapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan.


"Semuanya ini untuk kelengkapan KEK RSBP Batam. Istimewanya KEK ini kelak adalah tersedianya penanganan medis berstandar internasional di Batam," ucap Rudi.


Selain membangun ketiga infrastruktur tersebut, KEK Kesehatan RSBP Batam juga akan didukung fasilitas dan alat kesehatan yang lebih modern serta akan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).


"Kalau izin KEK tahun ini selesai, tahun depan jalan juga selesai. Alat kita tambah, dokter tambah. Mudah-mudahan dua tahun ke depan RSBP sempurna," imbuhnya.


Muhammad Rudi mengingatkan, berbagai kegiatan pembangunan yang dilakukan pemerintah juga akan kembali ke masyarakat. Menurutnya, muara kegiatan pemerintah adalah Kesejahteraan rakyat.


"Saya ingin masyarakat kita menikmati pembangunan, memang tidak serta merta langsung. Melalui pembangunan fisik tentu akan menunjang perekonomian masyarakat," kata dia. (r/Adi)