Batam, Hukum & Kriminal, Kepri

Sepanjang Tahun 2020, Satnarkoba Polresta Barelang Berhasil Ungkap 113 Kasus Narkotika

Egi | Selasa 22 Dec 2020 15:53 WIB | 1580

Polres/Ta dan Polsek
Narkotika


Press release pengungkapan dan pemusnahan narkotika di akhir tahun 2020 (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Satresnarkoba Polresta Barelang musnahkan 17 Kg narkotika jenis sabu dari 3 (tiga) daerah di Kota Batam dari 4 (empat) orang tersangka.


Wakapolresta Barelang AKBP Junoto mengatakan, pada akhir tahun ini kita akan melakukan pemusnahan barang bukti narkotika dari empat orang tersangka.


"Narkotika jenis sabu dimusnahkan sebanyak 17 kg dari empat orang tersangka yaitu tangkapan di daerah Nongsa, Tanjung Buntung, dan Pulau Putri," ujar Junoto didampingi oleh Kasat Narkoba Polresta Barelang, Kompol Jhon Hery Rakutta Sitepu pada Selasa (22/12/2020) sore di lapangan parkir Satresnarkoba Polresta Barelang Polda Kepri.


Lanjutnya, Junoto juga mengungkapkan atas prestasi yang diraih oleh tim Satresnarkoba Polresta Barelang selama awal tahun sampai dengan akhir tahun 2020.


"Dari bulan Januari sampai dengan bulan Desember 2020, beberapa kali dilaksanakan pemusnahan dan ini yang kesekian kalinya," bebernya.


Kemudian, harapannya dengan penangkapan dan pemusnahan ini berharap akan lebih baik lagi.


"Kita berharap bisa memberantas narkoba di Kota Batam, dan itu juga mendapat dukungan dari Granat, BMK Kota Batam dan rekan-rekan lainnya. Sehingga penekanan pemberantasan bisa dilaksanakan secara maksimal," ungkapnya.


Ditempat yang sama Kasat Narkoba Polresta Barelang, Kompol Jhon Hery Rakutta Sitepu juga mengungkapkan dari bulan Januari sampai Desember ada 113 kasus yang berhasil diungkap.


"Refleksi selama tahun 2020 dari Januari sampai Desember ada 113 kasus dan ini untuk penanganannya sudah naik 100 persen ke Pengadilan," ujar Jhon.


Lanjut Jhon Hery, barang bukti yang disita secara umum yaitu narkotika jenis ganja 317,63 gram, sabu 134, 323 gram, dan 40 ribu butir pil ekstasi.


"Dengan prestasi pengungkapan narkoba selama setahun ini, generasi muda banyak yang berhasil terselamatkan," ungkapnya.


Dalam tahun 2020, jumlah tersangka yang berhasil diamankan sebanyak 175 tersangka dengan barang bukti narkotika banyak berasal dari Negara Malaysia.


"Untuk perbandingan dengan tahun 2019, kasus yang berhasil diungkap sebanyak 164 kasus," pungkasnya (egi



Share on Social Media