Batam, News, Kepri

Komisi 1 DPRD Kota Batam Tinjau Lokasi Sengketa Lahan di Sambau Nongsa

Egi | Sabtu 12 Dec 2020 15:31 WIB | 1162

DPRD


Komisi 1 DPRD Kota Batam lakukan peninjauan sengketa lahan di Sambau (foto:egi)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Komisi 1 DPRD Kota Batam melakukan peninjauan langsung ke Kavling Sambau RT 07 / RW 04 Kelurahan Sambau Nongsa untuk menyelesaikan permasalahan lahan antara PT Capana dengan warga.


Dalam peninjauan ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi 1 DPRD Kota Batam, Budi Mardiyanto yang didampingi oleh anggota Komisi 1 Utusan Sarumaha, Tohap Erikson Pasaribu dan Jimmy SM Nababan.




Utusan Sarumaha mengatakan, kita turun kelapangan dalam rangka peninjauan hasil RDP yang telah dilaksanakan sebelumnya.


"Hari ini yang kita dapatkan ialah, antara PT Capana dengan warga Sambau terjadi perbedaan terkait dengan kepemilikan lahan," ujar Utusan pada Jum'at (11/12/2020) sore di Kantor DPRD Kota Batam.


Lanjutnya, kita menemukan, bahwa ada sekolah yang berdiri diatas gambar PL PT Capana, namun itu di klaim oleh warga bahwa sekolah sudah mendapatkan alokasi lahan berdasarkan izin KSP dari BP Batam.




"Ada beberapa titik lokasi sebanyak 46 sertifikat yang telah dikeluarkan oleh pihak BPN," bebernya.


Hasil peninjauan lokasi ini akan dilanjutkan kembali dengan melaksanakan RDP untuk yang terakhir kalinya.


"Kami akan menyimpulkan hal-hal apa saja yang menurut kami sebagai solusi dari persoalan ini. Dengan cara mendudukan kedua belah pihak di RDP mendatang," tuturnya.




Adapun solusi nantinya yaitu, akan melakukan rembukan dari kedua belah pihak, antara PT Capana dan warga.


"Jika dari hasil diskusi tidak bisa dilaksanakan, maka langkah selanjutnya yaitu dengan cara jalur hukum melalui Pengadilan Negeri," ungkapnya.


Lanjutnya, tetapi kami sangat berharap dari kedua belah pihak ada kesepakatan, dan saling menguntungkan.


"Kami tidak ingin kedua belah pihak berlarut-larut dalam permasalahan lahan ini, makanya akan kita dudukan mencari solusi dan sama-sama menguntungkan," pungkasnya (egi)




Share on Social Media