Batam

Kemenpar Ekraf Kampanyekan Gerakan BISA Libatkan Pelaku Usaha Wisata dan Ekonomi Kreatif

Juliadi | Sabtu 17 Oct 2020 17:15 WIB | 230

Perekonomian
Pariwisata


Gerakan BISA di pantai Tanjung Mak Dara, Sabtu (17/10/2020)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) kembali mengampanyekan Gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) di Kota Batam, bertempat di Pantai Tanjung Mak Dara, Nongsa, Sabtu (17/10/2020). 


Gerakan BISA merupakan gerakan yang melibatkan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk menyambut kebiasaan baru (new normal). 


Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar Ekraf untuk mengampanyekan Gerakan BISA di Kota Batam. Pelaksanaan Gerakan BISA ini sudah kali ketiga di Kota Batam. 


Ardi melaporkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam sangat konsen menangani penyebaran Covid-19 di Kota Batam. Terhitung 15 Juni lalu sektor pariwisata diizinkan untuk membuka kembali usahanya namun dengan syarat menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. 


“Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan sebagainya,” katanya. 


Ardi berharap adanya Gerakan BISA ini dapat meningkatkan kebersihan, kesehatan, keindahan, dan keselamatan di tempat wisata. “Setelah Gerakan BISA ini tidak ada sampah lagi,” tegasnya. 


Koordinator Sub Direktorat Hubungan Antarlembaga Multilateral, Kementerian Pariwisata, Ika Kusuma Permana Sari mengajak pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan kewaspadaan, kebersihan, keamanan, kesehatan di tempat destinasi pariwisata sehingga rantai Covid-19 terputus dan pengunjung ke tempat wisata dapat merasa aman dan nyaman serta pulang dengan sehat. Gerakan BISA merupakan program Indonesia Care. 


“Gerakan BISA program dari Indonesia Care, dimana kita peduli mulai dari diri sendiri, peduli terhadap lingkungan, kebersihan dengan peduli kita sehat sehingga menjaga orang lain,” katanya. 


Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku sektor pariwisata san ekonomi kreatif untuk berpartisipasi dalam Gerakan BISA di destinasi wisata. Ia berharap pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Nongsa dapat melaksanakan protokol kesehatan di tempat destinasi wisata. 


“Terima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Bapak Ardiwinata yang sudah menginisiasi Gerakan BISA di Batam,” ucapnya. (Adi)