Batam, News, Hukum & Kriminal

Modus WNA Melakukan Penipuan Dengan Pura - pura Petugas Polisi Cina

Juliadi | Jumat 20 Sep 2019 16:44 WIB | 267

Penipuan
Polresta Barelang
Polda Kepri


Barang bukti yang diamankan seragam Polisi Cina dan Satu Personel serta barang lainnya, Jumat (20/9/2019). Foto : Adi/MK


MATAKEPRI.COM, Batam - Polresta Barelang menggelar Konferensi pers, terkait penipuan dan pemerasan oleh 47 Warga Negara Asing (WNA), Jumat (20/9/2019) bertempat di Polresta Barelang.


Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, mengatakan pada tanggal 18 September 2019, kerjasama antara jajaran Sat Intel dan Sat Reskrim Polresta Barelang berhasil mengamankan 47 WNA terdiri 18 Warga Negara Cina dan dua diantar Wanita serta 29 WN Taiwan.


"Mereka melakukan penipuan terhadap orang Cina yang ada di Cina melalui alat komunikasi Internet, mereka dengan modus pura-pura sebagai petugas polisi, kepada WN Cina mereka berpura-pura bahwa keluarga korban sedang bermasalah hukum dan meminta sejumlah uang ke rekening Bank Cina, "jelas Prasetyo.


Lanjut Prasetyo, bahwa ada satu Aktor utama Inisial MK di Cina dan satu pelaku di Batam dengan Inisial CY alias AL untuk masuk orang cina masuk melalui Jakarta dan mengawasi serta melatih agar mereka bisa memainkan peran sebagai petugas yang berwenang ataupun kepolisian.


"Kita berhasil mengamankan dua seragam polisi China dan Satu Pet, mereka menggunakan modus dengan menggunakan internet komunikasi langsung menggunakan video call. Kemudian menelpon korbannya, nomor korban tersebut didapat oleh para pelaku dari aktor yang ada di Cina atas inisial MK tersebut, mereka bertugas menghubungi kemudian mengancam dan meminta sejumlah uang namun uangnya ditransfer ke rekening di China, "ungkap Prasetyo.


Dikatakan Prasetyo, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan bekerjasama dengan pihak Imigrasi untuk mengecek dokumen keimigrasian mereka dan tim akan mencari solusi yang terbaik seperti apa proses penanganan berikut ada, serta saat ini sudah mendatangi pihak kepolisian Taiwan. (Adi)