Nasional , News, Pariwisata, Ekonomi

Kembangkan Wisata Geopark Ciletuh, Pemprov Jabar kucurkan 10 M

Agung | Jumat 06 Sep 2019 07:21 WIB | 417

Gubernur
inspirasi


Wisata Ciletuh di Jawa Barat.


MATAKEPRI.COM, Sukabumi - Untuk mengembangkan pariwisata Geopark Ciletuh di Jawa Barat, pihak Pemprov Jabar akan mengucurkan dana Rp 10 M. Untuk apa saja?


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan mengucurkan anggaran Rp 10 miliar untuk Geopark Ciletuh - Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat. Emil juga mengungkap fakta rencana pembangunan Bandara Sukabumi yang ternyata belum pasti akan dibangun di Kecamatan Cikembar.


Dalam kunjungan kerjanya di Sukabumi di depan perangkat daerah dan masyarakat Kecamatan Warungkiara, Emil sempat mengungkapkan untuk Ciletuh biaya cukup besar karena punya status dari UNESCO.


"Ciletuh sudah ada program sekitar Rp 10 miliar itu untuk perbaikan titik-titik wisata di lokasi tersebut. Tahun depan pastinya ditambah," kata Emil kepada awak media, Sabtu (31/8/2019).


Emil juga membahas soal Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Dalam poinnya, keputusan membuat bandara untuk Kabupaten Sukabumi sudah diputuskan namun untuk lokasi belum ditentukan.


"Berita baik di RT RW sudah diputuskan membuat bandara untuk Kabupaten Sukabumi tapi tidak ditentukan lokasi dulu. Karena masih ada plus minus dari beberapa lokasi apakah di Cikembar, atau di Citarate Ujung Genteng kira-kira seperti apa itu sedang kita finalisasi. Insya Allah sukabumi maju," jelas Emil.


Desa Digital


Di Sukabumi, Emil juga memamerkan soal program yang pro untuk desa-desa di Jawa Barat salah satunya Desa Digital. Ia meminta desa yang belum punya Wifi gratis untuk melapor.


"Tahun ini 600 desa sudah kita pasang Wifi gratis, dengan teknologi baru pakai piringan. Sehingga tidak ada alasan lagi warga desa tidak punya kuota," kata Emil.


Emil juga membuka ruang bantuan propinsi yang besar kepada kota dan kabupaten di Jawa Barat. Namun bantuan itu akan disesuaikan dalam beberapa tahapan.


"Bantuan propinsi dibagi tiga, tahap 1 berdasar populasi, yang penduduk banyak bantuan banyak dan mohon maaf yang penduduknya sedikit bantuan menyesuaikan. Tahap 2 adalah disesuaikan dengan prestasi makin banyak prestasi kita tambah, IPM naik kita tambah, PKK bagus kita tambah dan tahap 3 adalah kabupaten yang semangat mensukseskan program propinsi ditambah juga," papar Emil.



Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyebut Provinsi Jabar memberikan bantuan pada tahun 2020 salah satunya untuk Geopark Ciletuh.


"Karena Provinsi serius bantu Ciletuh, maka kita juga Pemkab Sukabumi akan memposisikan fokus untuk peningkatan destinasi (wisata) yang lain. Total bantuan kurang lebih di angka Rp 40 milyar untuk 8 kecamatan," ujar Marwan.


Marwan mengapresiasi bantuan itu adalah bentuk singkronisasi percepatan pembangunan pariwisata di Jabar dan Kabupaten Sukabumi.


"Bantuan itu kan bentuk sinkronisasi, untuk bisa mempercepat pembangunan pariwisata, baik pusat, provinsi dan kabupaten," tandasnya. 


(***)

Sumber : Detik.com