Batam, News, Ekonomi

Kantin Celengan di Lapas Batam Menjadi Bukti Bahwa WBP Punya Mempunyai Arti Lebih

Agung | Selasa 13 Aug 2019 17:19 WIB | 308

Pemko Batam


Seorang WBP yang sedang berbelanja di kantin celengan. (Foto : Agung)


MATAKEPRI.COM, Batam - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sering di pandang sebelah mata oleh sebagian orang dan kadang juga sering dianggap sebagai sampah masyarakat. Untuk memapik hal tersebut, Surianto Kalapas kelas IIA Barelang membangun Kantin Celengan.


Hal tersebut untuk membuktikan bahwa para WBP pun bisa lebih baik dari sebelumnya dan bahkan bisa lebih baik dari orang lain diluar sana. Hal tersebut disampaikan oleh Surianto saat ditemui Matakepri.com di lokasi penyembelihan hewan qurban pada Minggu (11/8).


"Sempat juga ada yang beranggapan bahwa kantin tersebut tidak akan bertahan lama, karena memang seluruh barang dagangan tersebut tidak diberikan harga. Namun berkat kejujuran para WBP hal iniĀ  bisa berjalan dan bahkan bertambah hingga 3 kali lipat," Ucap Surianto.


Awal mula terbentuknya kantin Celengan pun hanya bermodalkan 2,5 juta dan baru berjalan sekitar dua bulan lebih. "Dan belanja stok terakhir kemarinĀ  dengan total hingga Rp 10 juta," Imbuhnya.


Surianto pun berniat akan menambah beberapa hal yang serupa, seperti gosokan celengan, Kopi Celengan dan juga Laundry Celengan.


"Dan bahkan banyak orang bisa menjadi miliarder yang berawal dari sampah, jadi jangan sampai kita menilai sampah itu sebelah mata," Pungkasnya. (Agung.AM)