Otomotif, News, Olahraga

GP Azerbaijan Menjadi Kemenangan Kedua Bottas, Keempat Beruntun Mercedes menjadi 1-2

Viktor | Senin 29 Apr 2019 15:16 WIB | 1605



Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton duo Mercedes berhasil kuasai GP Azerbaijan posisi 1 dan 2


Matakepri.com, Batam - Valtteri Bottas berhasil menjinakkan Lewis Hamilton untuk memenangi balapan Formula 1 GP Azerbaijan, dengan Sebastian Vettel di urutan ketiga.

Balapan GP Azerbaijan tahun lalu tentunya menjadi salah satu kenangan paling pahit bagi Valtteri Bottas yang tersingkir dari posisi terdepan di lap-lap akhir.

Satu tahun kemudian, Bottas mengklaim kemenangan keduanya di musim Formula 1 2019 dengan keunggulan 1,524 detik atas Hamilton. Ini merupakan hasil 1-2 keempat secara beruntun yang dicetak Mercedes.

Vettel dan Ferrari terpaut cukup jauh, 10 detik lebih, dari kedua mobil skuat Panah Perak di urutan ketiga.

Berbeda dari tahun lalu, di mana waktu itu Safety Car sudah diturunkan di lap pertama, prosesi start dan awal balapan berjalan bersih tanpa kecelakaan.

Hamilton mendapat awal luncuran yang bagus dan kedua pembalap Mercedes bersampingan di tikungan pertama dan kedua. Tetapi Bottas gigih mempertahankan posisinya dan langsung membuka jarak dua detik setelah lap pertama.

Vettel yang start dari grid ketiga kesulitan mengimbangi laju duo Mercedes dan jaraknya melebar menjadi sepuluh detik di belakang pemimpin balapan Bottas pada lap ke-10.

Sementara Charles Leclerc, memulai balapan dengan kompon medium, menyalip Max Verstappen dengan bantuan DRS di lurusan start-finis untuk merangsek ke posisi keempat dan menjadi pembalap Ferrari tercepat pada fase ini.

Leclerc dengan cepat menguntit dekat di belakang Vettel. Tetapi sebelum sempat melancarkan serangan terhadap rekan setimnya, Vettel masuk ke pit dan beralih ke kompon medium.

Mercedes merespons dengan memanggil Bottas untuk melakukan hal yang sama dan Hamilton di lap berikutnya.

Masih dengan ban yang sama sejak setelah 30 lap, Leclerc mulai mendapat tekanan dari Bottas yang kini berada satu detik di belakangnya. Tetapi tak jauh juga di belakang Bottas ada Hamilton.

Satu lap kemudian, Bottas akhirnya mengklaim kembali posisi pimpinan, menyalip Leclerc dari sisi luar tikungan pertama.

Leclerc akhirnya melakukan pit stop pertamanya pada lap ke-35 untuk memasang kompon terlunak Pirelli, soft.

Sempat berada di belakang Pierre Gasly, Leclerc membutuhkan satu lap untuk menyalip pembalap Prancis itu dan naik ke posisi keempat.

Gasly menjadi satu-satunya pembalap yang belum dan akhirnya tidak pernah melakukan pit stop pada balapan ini karena tersingkir akibat masalah mekanis.

Periode Virtual Safety Car sempat diberlakukan untuk mengevakuasi mobil Gasly. Setelah balapan kembali berjalan normal, inteval antara duo Mercedes dan Vettel relatif stabil sekitar dua detik.

Tetapi, ketika balapan memasuki tiga lap terakhir, Hamilton mampu memangkas selisihnya dari Bottas menjadi satu detik, dan mendapat bantuan DRS di lap berikutnya. Namun, usaha sang juara bertahan tak berbuah hasil

Bottas melintasi garis finis di urutan pertama, dan memimpin Mercedes 1-2 di depan Hamilton. Vettel dan Ferrari finis ketiga, gagal memberikan ancaman berarti terhadap Mercedes sepanjang balapan.

Verstappen membawa Red Bull ke posisi keempat. Leclerc melakukan pit stop lagi di penghujung balapan untuk beralih ke kompon soft yang segar dan akhirnya berhasil mencetak fastest lap sebelum menuntaskan balapan di urutan kelima.

Sergio Perez menjadi pembalap non-unggulan terbaik dengan mengamankan peringkat keenam. Di belakangnya ada duo McLaren yang dipimpin Carlos Sainz, kemudian Lando Norris dan Lance Stroll.

Berjuang dari posisi start di pit lane, Kimi Raikkonen berhasil merengkuh satu poin terakhir setelah menghuni urutan ke-10.(**)


Sumber:motorsport.comĀ 



Berita Terkait

Tidak ada berita terkait