Batam, Pendidikan

Kapolda Kepri Lantik Siswa SPN Angkatan 43, 160 Sandang Pangkat Bripda

Juliadi | Senin 04 Mar 2019 22:09 WIB | 299

Polda Kepri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Batam - Kapolda Kepri memimpin pelaksanaan Upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Perbatasan TA. 2018-2019 bertempat di SPN Polda Kepri, Tanjung Batu, Senin (4/3/2019).

Dalam pelaksanaan Upacara, Kapolda Kepri didampingi oleh Gubernur Provinsi Kepri, Ka SPN, TNI dan Forkopinda melakukan pemeriksaan pasukan Upacara. Selanjutnya Pernyataan penutupan pendidikan oleh Kapolda Kepri selaku Inspektur Upacara.

Adapun pemberian penghargaan kepada Siswa Cendikia, Tertabah, Trengginas, dan Teladan sebagai berikut :

1. Bripda Suandy Fernando Sianturi dengan nilai 72,71 penghargaan sebagai Siswa Cendikia.

2. Bripda Sabda Supadli Hutagaol dengan nilai 75,02 Penghargaan sebagai siswa Tertabah.

3. Bripda Oktaviandi Rezki dengan nilai 87,85 Penghargaan sebagai siswa Trengginas dan dengan nilai 76,42 Penghargaan sebagai siswa Teladan.

160 siswa yang dilantik terdiri dari 150 Bintara Tugas Umum dan 10 Bintara Penugasan Khusus yang mana seluruh nya berasal dari Kepri dengan rincian, Dari Batam sebanyak 90 Bintara Remaja, Tanjungpinang 28 Bintara, Bintan 12 Bintara, Karimun 18 Bintara, Natuna 7 Bintara, Lingga 4 Bintara dan Anambas 1 Bintara.

Dalam amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. yang dibacakan oleh Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, S.I.K menyampaikan pada kesempatan yang penuh dengan kehormatan, kebanggaan, dan kebahagiaan ini, saya mengucapkan selamat kepada 8.389 Bintara remaja (7.991 pria dan 398 wanita) yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan yang berlangsung selama 7 bulan.

“Ini merupakan anugerah Allah SWT yang wajib kita syukuri. Karena dari puluhan ribu pemuda dan pemudi di seluruh tanah air memiliki cita-cita menjadi anggota Polri, hanya sebagian kecil dari mereka yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan dilantik menjadi anggota Polri,” katanya.

Dalam kaitan tersebut para 160 Bintara Remaja tersebut akan langsung dihadapkan kepada tugas pengamanan pemilu tahun 2019 yang memiliki karakteristik yang khas dengan segenap potensi kerawanan yang menyertainya.

Baca juga: Yuda Lesmana Dijerat Pasal 340 Jo Pasal 365 Tentang Pembunuhan Berencana

“Pegang teguh serta amalkan nilai nilai leluhur tribrata dan catur prastia sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan bhayangkara sejati, laksanakan setiap tugas yang di emban dengan penuh semangat, tanggung jawab dan keikhlasan,” imbuhnya.

Tampak suasana suka cita dan juga haru saat sesi jumpa antara para orang tua dengan anaknya yang telah resmi menjadi anggota Polri, Suasana haru juga tampak saat salah seorang Bintara remaja bersujud di kaki ibu nya, ucapan syukur atas usaha dan jerih payah menjalani pendidikan dan terpisah dari keluarga Tercinta.

Selanjutnya dilaksanakan pertunjukkan keterampilan para Bintara remaja seperti Defile, Bongkar Pasang Senjata dengan mata tertutup, Senam Rubber Boat, Atraksi Bela Diri, dan Simulasi Pengamanan Pemilu dengan Peragaan Dalmas (Pengendalian Massa). hal ini dapat dilaksanakan bahwa para Bintara-Bintara Remaja telah siap bertugas sebagai anggota Polri dan nantinya akan siap dalam agenda Pengamanan Pemilu Tahun 2019. (Rilis)