International, News

Bayi di Kabupaten Madina Sumut lahir Dengan Keadaan Langka Hanya Memiliki Satu Mata dan Tanpa Hidung

Topa | Jumat 14 Sep 2018 11:48 WIB | 68



Kondisi Bayi Bermata satu. ( istimewa )


MATAKEPRI.COM - Bayi di Kabupaten Madina, Sumut lahir dengan keadaan langka, yakni hanya memiliki satu mata dan tanpa hidung. Ia lahir pada Kamis (14/9) sekitar pukul 15.30 WIB di RSUD Panyabungan Kota.

Kita sudah prediksi anak ini tidak bertahan lama. Bayi malang tersebut meninggal sekitar pukul 22.45 WIB. Karena kondisi kesehatannya saat lahir sudah memburuk," kata Kadis Kesehatan Mandailing Natal, Syarifudin Nasution dikutip dari detikNews, Jumat (15/9/2018).

Bayi dengan kondisi demikian mengidap cyclopia, yaitu cacat lahir yang cukup langka yang terjadi ketika bagian depan otak tidak membelah menjadi belahan kanan dan kiri.

Dikutip dari Health Line, bayi dengan cyclopia biasanya tidak memiliki hidung, namun memiliki semacam belalai (pertumbuhan seperti hidung yang tidak sempurna), dan terkadang tumbuh di atas mata saat bayi dalam kandungan.

Cyclopia sering menyebabkan keguguran atau meninggal saat dilahirkan. Meskipun hidup setelah lahir, bayi pengidap cyclopia biasanya hanya bertahan dalam hitungan jam saja.

Bayi dengan cyclopia mengalami malformasi (perkembangan abnormal) otak saat di awal kehamilan. Ini terjadi pada sekitar satu dari 100 ribu bayi.

Kondisi ini juga bisa terjadi pada hewan. Sayangnya, belum ada cara untuk mencegah kondisi ini, dan belum ada obat atau pengobatan untuk menyembuhkannya.( *** )

Sumber : Detik




Berita Terkait

Tidak ada berita terkait