News, Pendidikan

Diduga Simpatisan HTI, Dua Dosen Dipanggil Oleh Rektor UGM

| Jumat 08 Jun 2018 15:30 WIB | 3275



Rektor UGM, Panut Mulyono (istimewa)


MATAKEPRI.COM - Dua dosen yang diduga simpatisan HTI dipanggil oleh Rektor UGM, Panut Mulyono. Panut mengatakan salah satu yang akan dibicarakan adalah dirinya ingin mengajak kedua dosen itu kembali ke Pancasila. 

"Selagi bisa dikembalikan atau tindakannya ke jalan yang lurus kita kembalikan hatinya (kembali ke Pancasila)," kata Panut, Jumat (8/6/2018).

Panut mengatakan, pimpinan universitas akan mengklarifikasi dugaan keterlibatan kedua dosen tersebut. Jika benar mereka simpatisan HTI, maka pihaknya akan meminta rekomendasi Dewan Kehormatan Universitas (DKU).

Menurutnya, pihaknya tidak bisa langsung menjatuhkan sanksi kedua kedua dosen yang diduga terlibat organisasi terlarang tersebut. Sebab, mekanisme yang berlaku di UGM terkait sanksi harus dirumuskan oleh DKU.

"PU (Pimpinan Universitas) bisa saja kalau memang dari diskusi itu menguat (keduanya simpatisan HTI), kan bisa saja sambil ini diproses ke DKU kami memberhentikan sementara dari jabatan yang ada," ucapnya.

"Nanti kan akan keluar (keputusan) dari DKU, itu yang akan menjadi keputusan yang menjadi rekomendasi untuk kita tindaklanjuti," lanjutnya.

Meski bisa memberhentikan sementara, namun Panut tak memiliki kewenangan mencabut status keduanya sebagai dosen. Sebab, hanya pihak Kemenristekdikti yang bisa memecat kedua dosen tersebut.

"Hal itu bisanya diusulkan ke Kemenristekdikti kalau rektor, wakil rektor, wakil dekan tidak bisa memberhentikan keduanya sebagai dosen." tutupnya.(**)

Sumber : dtk



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait