Batam

Jelang Ramadhan Beberapa Harga Barang di Pasar Mulai Alami Kenaikan

Maman | Kamis 10 May 2018 12:50 WIB | 2509

Pasar


Situasi Pasar Sukaramai Bengkong.


MATAKEPRI.COM, Batam - Satu pekan menjelang Ramadan, harga bahan pokok mulai mengalami kenaikan.

Berdasarkan pantauan dilapangan, seperti di Pasar Sukaramai  Bengkong harga bahan pokok yang mulai  naik antara lain  harga Telor yang  awalnya Rp. 36. 000 perpapan naik menjadi Rp. 40.000 perpapan.Tepung kanji yang awalnya harga Rp. 160.000 ribu perkarung naik menjadi Rp. 250.000 perkarungnya.

Karim salah seorang pemilik toko mengatakan bahwa kenaikan tersebut merupakan hal yang memang pasti terjadi menjelang puasa Ramadhan. 

"Kenaikan sekarang sifatnya masih siklus tahunan memasuki bulan Ramadhan. Sampai detik ini kita lihat masih wajar,” kata Karim Jagad (10/5/2018).

Kenaikan masih dianggap wajar karena tidak sampai 10 persen. Sementara harga beras mengalami penurunan, Untuk harga cabai, bawang merah, kentang, sayur-sayuran dan daging belum mengalami kenaikan.

Selain masalah harga, Faridah yang juga pemilik toko sembako menyebutkan pasokan permintaan masyarakat semakin meningkat namun tak dibarengi ketersediaan stok juga dinilai cukup mengkhawatirkan. Sehingga, diperkirakan hal itu akan mendorong terjadinya kenaikan harga.

"Dalam minggu minggu ini permintaan barang selalu kosong, saya khawatir kekosongan stock barang ini memicu kenaikan harga barang." ungkap Faridah.

Kenaikan harga pangan menjelang bulan Ramadhan jika diperhatikan merupakan fenomena berulang setiap tahun, seharusnya ada antisipasi yang lebih maksimal dari Pemerintah baik terkait ketersediaan maupun distribusinya.(iwan) 



Share on Social Media