Batam, News, Politik

Rudi Targetkan Pencetakan KTP-elektronik di Batam Selesai Dalam Dua Pekan

| Selasa 27 Feb 2018 11:58 WIB | 1315




MATAKEPRI.COM, Batam - Terkait lambannya proses pencetakan KTP-elektronik, Muhammad Rudi membuat sebuah kebijakan baru. Beliau meminta agar pencetakan KTP-elektronik diselesaikan per kecamatan.

“Sudah dimulai di hinterland. Bulang, Galang, Belakangpadang sudah selesai. Lalu masuk ke Batuampar, selesai. Nongsa, selesai. Sekarang di Batam Kota,” jelas Rudi.

Ia menargetkan pencetakan KTP- elektronik di Batam Kota selesai dalam waktu dua pekan, lalu dilanjutkan ke Kecamatan Sagulung. Untuk Sagulung, Rudi juga menargetkan proses pencetakan selesai dalam waktu dua sampai tiga pekan.

“Seluruh yang sudah foto, buat hari ini, diselesaikan. Target saya 1 Mei semua sudah selesai,” sebutnya.

Rudi pun mengakui bahwa kebutuhan blangko KTP- elektronik di Batam masih kurang sekitar 60 ribu keping. Namun, pemerintah pusat akan memberikan blangko secara bertahap bila blangko yang sudah dikirim selesai dicetak.

“Aturan dari pusatnya seperti itu. Enggak boleh kasih semua. Katanya kalau 60 ribu dikasih semua nanti tidak kerja. Maka dikasih 10 ribu. Habis, baru minta lagi. Nyatanya iya, 10 ribu dikasih, habis, saya minta, dapat lagi,” paparnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo  dalam Rapat Kerja Nasional Kependudukan dan Catatan Sipil (Rakernas Dukcapil) di Hotel Harmoni One Batam, Kamis (8/2) lalu menegaskan bahwa blangko KTP-elektronik tersedia cukup untuk kebutuhan daerah.

“Blangko tercukupi. Kalau daerah habis, tinggal minta lagi saja,” kata Tjahjo.

KTP-elektronik memiliki peran yang sangat penting dan harus segera diselesaikan guna mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2018 dan pemilihan umum legislasi serta pemilihan presiden 2019 mendatang. (**)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait