News, Pendidikan

Ini Alasan Kenapa Paspor Indonesia Warnanya Hijau!!!

| Jumat 02 Feb 2018 13:19 WIB | 5877




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Banyak traveler yang menyadari kalau warna paspor itu berbeda-beda. Ada yang biru, merah dan paspor Indonesia warnanya hijau. Ternyata ada alasannya.

Usut punya usut, ternyata pemilihan warna untuk sebuah paspor di latarbelakangi oleh sejumlah alasan. Contohnya saja seperti identitas nasional, dasar politik hingga agama.

Faktanya, ada 4 pilihan warna utama yang dipilih untuk paspor. Antara lain biru, merah, hijau dan hitam. Warnanya pun bisa lebih terang atau lebih gelap, tapi dasarnya tetap 4 warna utama itu.

Media Telegraph asal Inggris pun pernah menulis bahasan khusus tentang warna paspor bersama Wakil President Marketing Arton Capital yang juga menjalankan situs Passport Index, Hrant Boghossian.

Dijelaskan oleh Hrant, umumnya negara dengan warna paspor hijau merujuk pada agama di negara tersebut. Dalam hal ini adalah negara dengan mayoritas agama Islam, termasuk Indonesia.

"Kebanyakan negara Islam menggunakan paspor berwarna hijau merujuk pada warna di agama mereka," ujar Hrant.

Ditambahkan oleh Hrant, warna hijau dipercaya sebagai favorit dari Nabi Muhammad SAW dan sering diasosiasikan sebagai surga dalam Al Quran. Warna hijau juga menjadi dasar dari banyak bendera negara Islam, seperti Afghanistan dan Iran.

Nah, itu sebabnya paspor Indonesia berwarna hijau. Indonesia pun bukan satu-satunya negara yang memilih warna hijau untuk paspornya.

Selain Indonesia, negara lain seperti Arab Saudi, Maroko, Mesi, Nigeria, Zimbabwe dan Pantai Gading juga memilih warna hijau untuk paspornya. Sekarang sudah tahu kan jawabannya?(***)


Sumber : liputan6



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait