News, Pendidikan

BMSDA Lakukan Normalisasi Drainase untuk Mencegah Banjir di Kota Batam

| Kamis 11 Jan 2018 14:23 WIB | 1607



istimewa


MATAKEPRI.COM, Batam - Guna meminimalisir terjadinya banjir di musim penghujan awal tahun ini, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam mengintensifkan normalisasi parit.

“Ini saya lagi meninjau pekerjaan di Batuaji. Kita kerahkan alat berat untuk normalisasi di beberapa titik, termasuk di sini,” jelas Kepala Dinas BMSDA, Yumasnur, Rabu (10/1).

Menurut Yumasnur, seluruh alat berat yang ada dikerahkan untuk normalisasi drainase. Adapun alat berat yang dimiliki Dinas BMSDA antara lain long-arm excavator, amphibi excavator, dan medium excavator.

Selain itu, Dinas BMSDA juga menggandeng Camat dan Lurah dalam proses normalisasi ini. Pemerintah mengajak masyarakat melalui RT/RW untuk memantau kondisi lingkungannya masing-masing. Bila ada drainase yang perlu dinormalisasi agar segera menghubungi Kecamatan.

“Misal kalau ada pendangkalan parit atau ada bangunan liar di sisi parit, atau ada kegiatan tanam tumbuh, bisa langsung lapor,” ujarnya.

Camat Batuaji, Ridwan Afandi mengatakan pekerjaan yang ditinjau BMSDA saat itu juga merupakan hasil laporan masyarakat. Menurutnya ada tiga titik yang dipantau tim.

“Ada sekitar tiga titik di Tanjunguncang yang kami pantau. Paritnya dangkal,” jelasnya.

Selain di Batuaji, pekerjaan normalisasi drainase juga tampak di parit utama kawasan Seibeduk, tepatnya di depan SPBU Tanjungpiayu. Satu unit long-arm excavator bekerja membersihkan drainase dari sampah dan sedimen.

Salah seorang pekerja mengatakan bahwa mereka juga mendapatkan tugas membersihkan parit di sekitar perumahan GMP dan Mangsang.(***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait