News, Kesehatan

Ingin Kencing Terus Ketika Sedang Gugup, Kenapa ya??

| Senin 20 Nov 2017 16:40 WIB | 1501




MATAKEPRI.COM - Anda jadi ingin kencing terus ketika merasa deg-degan atau gugup? Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak orang memang merasakan sensasi tersebut. Menurut seorang dokter spesialis urologi dari University of California, San Fransisco (UCSF), yaitu dr. Thomas Chi, rasa ingin pipis merupakan hal yang wajar ketika Anda sedang merasa tertekan. Sebenarnya mengapa banyak orang jadi beser alias bolak-balik buang air kecil ketika dilanda kegugupan? Simak penjelasan berikut ini.

Sebenarnya, bagaimana proses keluarnya air kencing?

Pada situasi tertentu, ketika Anda tidak sedang merasa deg-degan atau cemas, kandung kemih mengalami relaksasi sehingga urine (air kencing) dari ginjal dapat mengalir masuk ke kandung kemih tersebut. Terdapat katup di kandung kemih yang dapat berfungsi untuk menahan agar urine tidak langsung keluar.

Sebaliknya, ketika kandung kemih sudah terisi penuh, kandung kemih akan mengirimkan sinyal melalui saraf ke otak. Setelah itu, akan timbul respon berupa kontraksi kandung kemih dan terbukanya katup sehingga urine dapat mengalir keluar.

Kenapa rasa gugup atau cemas bikin seseorang ingin kencing terus?

Sudah ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penyebab mengapa kita menjadi ingin kencing terus ketika gugup atau cemas. Berikut beberapa mekanisme tubuh yang terjadi.

Ketika muncul rasa gugup atau cemas, tubuh masuk ke dalam fase fight-or-flight alias melawan atau melarikan diri dari ancaman. Untuk melakukan salah satu pilihan tersebut secepat mungkin, tubuh membutuhkan hormon bernama adrenalin. Adanya hormon stres berupa adrenalin akan beredar di aliran darah dan dibawa ke berbagai organ tubuh yang nantinya akan menimbulkan reaksi tubuh yang berbeda-beda.

Salah satu organ tubuh yang dipengaruhi yaitu ginjal. Pada fase tersebut, ginjal akan meningkatkan produksi urine yang akhirnya menimbulkan rasa ingin pipis terus.

Selain itu, menurut dr. Alan Wein, seorang dokter bagian urologi di University of Pennsylvania, pada kondisi gugup atau cemas, sistem saraf pusat akan jadi lebih aktif dan sensitif sehingga refleks buang air kecil pun terjadi lebih cepat.

Reaksi tubuh lainnya berkaitan dengan otot. Ketika Anda gugup atau cemas, terjadi kontraksi otot, salah satunya otot kandung kemih. Kontraksi otot kandung kemih tersebut dapat memicu terjadinya rasa ingin kencing.

gangguan cemas atau ansietas

Mengendalikan hasrat ingin kencing ketika cemas

Rasa ingin kencing terus ketika Anda gugup tentu sangat mengganggu. Nah, adanya keinginan untuk kencing terus merupakan salah satu respon stres yang Anda alami. Oleh karena itu, tenangkan diri Anda untuk menurunkan respon stres tubuh. Dengan begitu, hasrat untuk kencing akan berkurang dengan sendirinya.

Setiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk mengelola rasa cemas dan gugup. Namun, beberapa trik yang bisa Anda coba adalah menarik nafas dalam beberapa kali sampai Anda merasa lebih tenang.

Selain itu, Anda bisa mengalihkan fokus Anda dari kecemasan tersebut dengan cara seperti mendengarkan lagu kesukaan, mengobrol dengan orang terdekat, melakukan meditasi, atau yang paling berguna, siapkan diri Anda sebaik mungkin untuk menghadapi penyebab kecemasan.

Misalnya Anda cemas karena mau mengikuti ujian masuk universitas atau perusahaan besar. Belajar atau melatih keterampilan semaksimal mungkin bisa membantu Anda meyakinkan diri bahwa Anda memang sudah siap akan segala kemungkinan, bahkan kalau harus ditolak sekalipun. (www.hellosehat.com/***)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait